Perkuat Pengamanan ALKI III, KSAL Resmikan Dermaga Lanal Saumlaki

Kamis, 17 Juni 2021 - 21:58 WIB
loading...
Perkuat Pengamanan ALKI III, KSAL Resmikan Dermaga Lanal Saumlaki
KSAL Laksamana TNI Yudo Margono meresmikan Dermaga Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Saumlaki untuk mendukung pengamanan di Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) III Kamis, (17/6/2021). Foto/Dispenal
A A A
JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono meresmikan Dermaga Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Saumlaki untuk mendukung pengamanan di Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) III Kamis, (17/6/2021).

Peresmian dermaga yang berbatasan langsung dengan ALKI III ini dilaksanakan KSAL di sela-sela kunjungan kerja ke wilayah timur Indonesia. Hadir dalam peresmian tersebut, Ketua Umum Jalasenastri Vero Yudo Margono, Asrena KSAL Laksda TNI Muhammad Ali, Aslog KSAL Laksda TNI Puguh Santoso, Aspotmar Kasal Mayjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto dan Pangkoarmada III Laksda TNI Dadi Hartanto.

Yudo menjelaskan, Lanal Saumlaki yang berbatasan dengan ALKI III memungkinkan terjadinya pelanggaran kedaulatan di wilayah tersebut sehingga diperlukan sarana pertahanan yang memadai yang didukung oleh industri pertahanan sehingga dapat memberikan kontribusi positif terhadap pertahanan dan keamanan dalam negeri.

Pembangunan dermaga dengan panjang 141 meter ini merupakan kerja sama antara TNI Angkatan Laut dengan PT. Matra Naluri Muda dan PT. Wahyu Agung yang dimulai sejak 17 Januari 2019 lalu. Fasilitas ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas KRI, di antaranya fasilitas aliran listrik darat serta air tawar untuk mendukung endurance operasi dan mampu disandari KRI kelas frigate.

Usai peresmian Dermaga, KSAL beserta rombongan melaksanakan peninjauan ke KRI Madidihang-855 yang dioperasikan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) XI Merauke. Kedatangan KSAL beserta rombongan di Saumlaki disambut Bupati Kabupaten Kepulauan Tanimbar dan Forkopimda Kabupaten Kepulauan Tanimbar Petrus Fatlolon, Danlantamal IX Laksma TNI Eko Jokowiyono, Danlanal Saumlaki Letkol Laut (P) Ridwan Rizki Musa, serta pejabat terkait lainnya
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1735 seconds (0.1#10.140)