Guru Besar UI Nilai PPKM Mikro Cukup Berhasil Tekan Laju Penyebaran Corona

Senin, 14 Juni 2021 - 22:31 WIB
loading...
Guru Besar UI Nilai PPKM Mikro Cukup Berhasil Tekan Laju Penyebaran Corona
Guru Besar FKM UI, Adik Wibowo, mengapresiasi upaya penanganan pandemi yang dilakukan oleh pemerintah, baik pusat dan daerah dalam menekan penyebaran Corona. Foto/SINDOnews/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI), Adik Wibowo, mengapresiasi upaya penanganan pandemi yang dilakukan oleh pemerintah, baik pusat dan daerah (Provinsi, Kabupaten/ Kota) dalam upaya menekan laju penyebaran virus Corona (Covid-19).



Lebih lanjut, Adik menilai pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) skala mikro yang diterapkan mulai di tingkat Provinsi hingga RT/RW sangat bermanfaat dalam upaya tracing pemerintah pasca libur lebaran.

"PPKM skala mikro ini sangat baik untuk melihat dan memantau naik dan turunnya kasus aktif Covid-19 secara harian dan Satgas terkait dapat cepat tanggap untuk melakukan pengetatan maksimal jika terjadi lonjakan kasus di daerah tertentu," ucapnya.

"Upaya ini juga agar meminimalisir penyebaran kasus di klaster keluarga. Untuk itu, saya kira Satgas baik pusat dan daerah harus selalu mewaspadai lonjakan kasus aktif dengan pengetatan 3 T (testing, tracing dan treatment)," tambah Adik Wibowo.

Untuk itu, Adik meminta agar PPKM skala mikro terus dilanjutkan. Pasalnya, ia menyebut masih terdapat daerah yang belum mendapatkan sosialisasi dengan baik terkait virus Covid-19 dan upaya pencegahannya melalui 3M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak), seperti di Madura yang masih minim dalam penerapan protokol kesehatan.

“Saya kira, Satgas PPKM Mikro yang tersebar diseluruh daerah dapat melakukan sosialisasi secara berkala untuk memberi himbauan kepada masyarakat agar menerapkan pola 3M guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Agar tercipta rasa aman dan nyaman dengan adaptasi kebiasaan baru di masa pandemi Covid-19,” jelasnya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian yang juga Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) mengatakan kasus penanganan Covid-19 di Indonesia masih terkendali. Hal itu dilihat dari perkembangan kasus konfirmasi harian dan kasus aktif per 6 Juni 2021 sebesar 5,3 persen, masih jauh lebih baik dari kasus aktif global di angka 7,5 persen.

Sedangkan, tingkat kesembuhan Indonesia berada di 91,9 persen (global 90,3 persen) dan kematian sebesar 2,80 persen (global 2,15 persen).

“Kasus aktif nasional per 6 Juni 2021 yang berjumlah 98.455 kasus, mengalami penurunan sebesar 44,2 persen dibandingkan dari puncak kasus pada 5 Februari 2021. Jumlah kasus aktif terendah terjadi pada tanggal 18 Mei 2021 yakni sejumlah 87.514 kasus. Namun, sejak 19 Mei 2021 kembali mengalami tren peningkatan, bahkan pada 29 Mei - 2 Juni 2021 kasus aktif berada di atas 100 ribu kasus.

Lebih lanjut, kata Menko Airlangga, kenaikan kasus aktif pasca Idul Fitri memiliki rata-rata kasus aktif dalam seminggu terakhir meningkat 0,85 persen dibandingkan dengan rata-rata minggu sebelumnya.

“Kita perlu mewaspadai periode peningkatan kasus setelah libur Idulfitri yang diperkirakan terjadi pada 4-5 minggu setelahnya,” ujar Menteri Perekonomian ini, pada Konferensi Pers usai Rapat Terbatas di Istana Negara, Jakarta, Senin (7/6/2021).
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4515 seconds (0.1#10.140)