KPU Akan Putuskan Soal Penyederhanaan Surat Suara Pemilu 2024

loading...
KPU Akan Putuskan Soal Penyederhanaan Surat Suara Pemilu 2024
Komisioner KPU Viryan Aziz menyebut tahun ini jadi waktu yang tepat untuk memutuskan apakah wacana menyederhanakan surat suara pemilu 2024 ingin diterapkan. Foto/SINDOnews
JAKARTA - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Viryan Aziz menyebut tahun ini menjadi waktu yang tepat untuk memutuskan apakah wacana menyederhanakan surat suara pemilu 2024 ingin diterapkan.

Baca juga: Wacana Pemilu 2024 Ditulis Bukan Dicoblos, KPU: Harus Ada Perubahan Regulasi

"Saya ingin menyampaikan saat ini atau tahun ini menjadi golden time kalo kita ingin menyederhanakan surat suara," kata Viryan dalam webinar yang digelar Bawaslu Kota Bekasi, Kamis (10/6/2021).

Baca juga: Mantan Angggota KPU Sebut MK Belokkan Keputusan yang Sudah Lurus

Viryan menjelaskan, golden time yang dimaksud dalam hal ini adalah tahun ini menjadi penentuan wacana penyederhanaan desaim surat suara akan dilakukan atau tidak. Menurutnya, apabila desain atau alternatif itu tak ditemukan maka desain surat suara Pemilu 2024 masih akan sama seperti 2019 lalu.



Menurutnya, jika desain penyederhaaan surat suara baru akan dibahas pasca tahun 2021, maka hal itu akan terjadi persoalan tersendiri bagi penyelenggara. Apalagi, kata dia, hal serupa pernah terjadi di Pemilu 2009.

"Karena waktu perubahan sangat singkat, sosialisasi, bimtek tidak dilakukan secara merata dan kemudian tidak menghasilkan kemudahan bagi pemilih," ujar dia.
(maf)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top