Lanjut Usia, Saatnya Bahagia Bersama Keluarga

Rabu, 02 Juni 2021 - 06:58 WIB
loading...
A A A
Pergeseran ekonomi dan sosial yang kemungkinan terjadi sebagai akibat penduduk yang menua tersebut diperlukan komitmen yang tinggi untuk memberikan respons dan antisipasi melakukan program aksi yang tepat. Hal ini sebagai bentuk komitmen untuk memenuhi kesepakatan pada Agenda 2030 untuk Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) bahwa ‘tidak akan ada yang tertinggal'.

Kebijakan dan rencana aksi terhadap penduduk lansia yang tepat akan memberikan manfaat yang besar bagi negara dan juga keluarga mengingat penduduk lansia dapat berperan dalam proses pemanfaatan bonus demografi tahap kedua. Adanya kemajuan di bidang teknologi kesehatan dan peningkatan kesejahteraan menghasilkan kenyataan bahwa orang tua saat ini mengalami tahun-tahun terakhir mereka dengan kesehatan yang lebih baik daripada orang tua mereka.

Jika penduduk yang menua ini dapat mengalami tahun-tahun ekstra kehidupan dengan
kesehatan yang baik dan jika mereka hidup dalam lingkungan (keluarga) yang mendukung, kemampuan mereka untuk melakukan hal-hal yang mereka hargai akan sedikit berbeda dari kemampuan orang yang lebih muda. Sebaliknya, jika tahun-tahun tambahan ini didominasi oleh penurunan kapasitas fisik dan mental, implikasinya bagi lansia dan masyarakat lebih negatif.

Kebijakan dan program aksi tersebut meliputi peraturan perundangan yang “tidak diskriminatif (menguntungkan)”, penataan lingkungan yang kondusif, pelayanan preventif dan promosi hidup sehat, sampai dengan program perawatan baik perawatan akut maupun perawatan jangka panjang (long term care) khususnya bagi Lansia yang tidak potensial.

Bahagia Bersama Keluarga
Kesemuanya ini tentu tidak dapat dibebankan kepada pemerintah saja, tetapi memerlukan dukungan seluruh komponen bangsa, masyarakat dan terlebih lagi keluarga. Peran dan kepedulian keluarga sungguh sangat diperlukan.

Dalam kondisi paliatif, keluarga sebagai pemberi asuhan utama berperan dalam membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari, seperti makan, mandi, berpakaian, kegiatan spiritual, dan pemberian obat-obatan. Terlebih karena Lansia sesungguhnya ingin terus tinggal bersama keluarganya.

Marilah, dengan semangat Hari Lanjut Usia Nasional tahun 2021, kita tingkatkan perhatian kita, pelayanan kita, perawatan kita, kasih sayang dan perlindungan kita agar memberikan kenyamanan pada lansia. Mereka berhak memiliki harkat dan martabat kehidupan yang baik. Mari kita buat Lansia tersenyum di tengah keluarga. Lansia, sudah semestinya, hidup bahagia bersama keluarga. Selamat Hari Lanjut Usia Nasional yang ke-25 Tahun 2021!
(ynt)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2055 seconds (0.1#10.140)