Lindungi Data Pribadi, Satgas Imbau Masyarakat Tak Unggah Sertifikat Vaksinasi ke Medsos

Selasa, 23 Maret 2021 - 19:32 WIB
loading...
Lindungi Data Pribadi, Satgas Imbau Masyarakat Tak Unggah Sertifikat Vaksinasi ke Medsos
Jubir Pemerintah untuk Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito meminta masyarakat untuk tidak mengunggah atau meng-upload sertifikat vaksinasi ke medsos atau menyebarkannya. Foto/BNPB
A A A
JAKARTA - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 , Wiku Adisasmito meminta masyarakat untuk tidak mengunggah atau meng-upload sertifikat vaksinasi ke media sosial (medsos) atau menyebarkannya. Hal ini untuk menghindari tersebarnya data pribadi yang termuat di dalam sertifikat tersebut.

Seperti diketahui sebagian masyarakat telah mendapatkan sertifikat vaksinasi karena sudah mendapatkan dua dosis vaksin COVID-19.

“Pemerintah meminta penerima vaksin COVID-19 yang sudah mendapat sertifikat bukti telah divaksin agar tidak mengunggahnya ke medsos ataupun juga mengedarkannya,” ujarnya saat konferensi persnya, Selasa (23/3/2021).

Dia menyebutkan bahwa di dalam sertifikat tersebut terdapat QR Code yang jika dipindai dapat menunjukkan data pribadi penerima vaksin. Wiku meminta agar sertifikat vaksinasi digunakan sesuai kebutuhannya.

“Penting diketahui, di dalam sertifikat bukti telah divaksin terdapat data pribadi dalam bentuk QR code yang dapat dipindai. Gunakan sertifikat itu sesuai kebutuhannya. Karena tersebarnya data pribadi dapat membawa risiko bagi kita,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, Wiku juga menyebutkan bahwa hingga tanggal 20 Maret 2021, masyarakat yang sudah menerima vaksin mencapai angka 5 juta. Menurutnya, hal ini merupakan capaian yang positif dan harus tetap ditingkatkan.

“Sehingga semakin banyak masyarakat yang dapat terlindungi dari COVID-19. Oleh karena itu, saya meminta kepada masyarakat untuk dapat berpartisipasi dalam program vaksinasi ini sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan,” tutupnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1207 seconds (0.1#10.140)