Isra Miraj Jadi Momentum Perkuat Komitmen Perjuangan Bangsa

Kamis, 11 Maret 2021 - 05:31 WIB
loading...
Isra Miraj Jadi Momentum Perkuat Komitmen Perjuangan Bangsa
Isra Miraj adalah peristiwa spektakuler yang harus dipahami dengan deretan peristiwa sebelumnya. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Isra Miraj adalah peristiwa spektakuler yang harus dipahami dengan deretan peristiwa sebelumnya. Harus dilihat sejarah perjuangan Nabi Muhammad SAW yang mulai berdakwah dari usia 40 tahun meskipun mendapatkan tantangan dan intimidasi dari masyarakat kafir Quraisy, tetap berjuang mendakwahkan Islam.

“Sehingga kalau dikaitkan dengan bangsa Indonesia, hikmah Isra Miraj ini memiliki kesamaan dalam perjuangan dulu melawan kolonialisme, yang membuat kondisi masyarakat Indonesia ini selalu dihantui dengan kecemasan dan ketakutan. Alhamdulillah hasil dari perjuangan para santri, para kiai dan para tokoh masyarakat di Indonesia, Allah memberikan suatu anugerah, yaitu kemerdekaan,” tutur Wakil Sekretaris Komisi Pengkajian dan Penelitan Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ali M Abdillah di Jakarta, Rabu 10 Maret 2021.

Kiai Ali menambahkan, semua kesulitan sebelum Isra Miraj tersebut dirasakan oleh Nabi pada periode perjuangan dakwah di Makkah. Pada akhir periode di Makkah ini Nabi diuji oleh Allah SWT karena dua orang yang selama ini mem-backup perjuangannya, yaitu pamannya Abu Thalib dan istri tercintanya Siti Khadijah meninggal dunia.

”Di fase ini Nabi secara kemanusiaan mendapatkan ujian cukup luar biasa, pada tahun tersebut disebut sebagai tahun huzni (tahun kesedihan Nabi). Tapi pada tahun kesedihan Nabi ini, beliau kemudian mendapatkan hadiah, yaitu peristiwa Isra dan Miraj itu,” kata Ali.

Oleh karena itu, kata dia, perstiwa Isra dan Miraj ini hadiah dari Allah kepada Nabi setelah berjuang selama kurang lebih 13 tahun di Makkah hingga sang istri meninggal dunia.

Menurut peristiwa tersebut, lanjut dia, harusnya dipahami oleh generasi penerus bangsa Indonesia untuk menghargai perjuangan Nabi dahulu sebagaimana perjuangan bangsa indonesia menghadapi penjajahan di masa lalu. Terutama dalam melawan radikalisme dan terorisme yang ingin merusak keutuhan bangsa.

”Sudah tugas kita sebagai generasi penerus bangsa untuk menjaga warisan kemerdekaan ini dari para pendiri bangsa. Karena dengan menjaga NKRI, pancasila dan UUD 1945 inilah perekat seluruh elemen bangsa. Jangan sampai hal ini dikhianati, apalagi dengan mengambil ideologi dari orang luar yang belum pernah teruji kemudian di uji coba disini,” tutur pria yang juga sebagai Ketua Pengurus Wilayah Mahasiswa Ahlith Thariqah Al Mu’tabarah An Nahdliyyin (MATAN) DKI Jakarta ini.

Apalagi, menurut dia, jika dilihat lanjutannya pada saat peristiwa Isra dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa di Palestina dan kemudian ke Sidratul Muntaha. Ini adalah peristiwa spiritual yang dialami oleh Nabi, yang kemudian mendapatkan tugas dari Allah untuk membawa perintah salat lima waktu.

”Salat lima waktu ini sebagai sebuah sistem yang turun di malam Isra Miraj untuk menata kehidupan masyarakat di dunia untuk sebagai bekal menuju akhirat. Karena dengan sistem salat lima waktu ini kita bisa menjaga keseimbangan antara kepentingan dunia dan kepentingan akhirat,” kata Ali.

Dia mencontohkan dari subuh kita diperintahkan salat, kemudian pagi persiapan bekerja, kemudian dari pagi sampai siang kerja, terus zuhur istirahat kemudian kerja lagi masuk ashar salat lagi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3780 seconds (0.1#10.140)