Korban PHK Lebih Butuh Makan daripada Pelatihan Daring Kartu Prakerja

Sabtu, 18 April 2020 - 08:25 WIB
loading...
Korban PHK Lebih Butuh Makan daripada Pelatihan Daring Kartu Prakerja
elatihan berbasis daring dalam skema Kartu Prakerja dinilai tidak tepat di tengah pandemi corona atau Covid-19 seperti yang terjadi saat ini. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Pelatihan berbasis daring dalam skema Kartu Prakerja dinilai tidak tepat di tengah pandemi corona atau Covid-19 seperti yang terjadi saat ini. Apalagi, pelatihan itu menghabiskan anggaran sangat besar mencapai Rp5,6 triliun dari total Rp20 triliun dana yang dianggarkan untuk program Kartu Prakerja.

Anggota Komisi IX DPR Fraksi PPP Anas Thahir mengatakan, saat ini banyak pengangguran karena lesunya sektor industri, bukan pekerja baru yang membutuhkan pelatihan. “Mereka pekerja lama membutuhkan bantuan tunai untuk bertahan hidup,” ujar Anas kemarin.

Anas mengatakan, di tengah maraknya pemutusan hubungan kerja (PHK), pemerintah semestinya fokus menjaga konsumsi masyarakat. Berdasarkan struktur perekonomian Indonesia, kontribusi terbesar terhadap pertumbuhan ekonomi adalah konsumsi domestik.

Sepanjang 2019, BPS mencatat konsumsi rumah tangga menjadi sumber pertumbuhan tertinggi, yaitu mencapai 2,73%. Berkaca dari data tersebut, kata Anas, satu di antara cara menjaga agar konsumsi rumah tangga tak goyah adalah memberikan bantuan-bantuan tunai. “Artinya, pemerintah seharusnya bukan memberikan bantuan yang sifatnya pelatihan seperti Kartu Prakerja,” kata dia.

Menurut dia, anggaran pelatihan online tersebut kurang bermanfaat untuk penerima bantuan, bahkan hanya akan dinilai sebagai proyek yang hanya menguntungkan penyedia jasa pelatihan. “Berbeda jika Kartu Prakerja ini dialihkan untuk bantuan tunai bagi pekerja terdampak PHK atau masyarakat terdampak Covid-19 akan ada multiplier effect bagi perekonomian,” tutur dia.

Jika pun tetap diperlukan ada pelatihan online, kata Anas, pihaknya minta jumlahnya dikurangi dan harus sesuai dan tetap sasaran, yaitu diperuntukkan bagi mereka yang memang baru mau memasuki dunia kerja. “Dan penunjukan penyelenggara pelatihan online pun harus sesuai dengan prosedur yang berlaku dan ditangani oleh Kementerian Ketenagakerjaan sehingga tidak muncul temuan ada penyalahgunaan prosedur di kemudian hari,” urai dia.

Sebelumnya Ketua Umum Gerakan Pemuda (GP) Ansor Yaqut Cholil Qoumas juga mendesak program pelatihan online tersebut dibatalkan karena tidak tepat di tengah pandemi korona. Yang dibutuhkan rakyat, termasuk yang kehilangan pekerjaan, adalah bantuan yang dapat membuat mereka bertahan hidup. Apalagi, pandemi korona belum ketahuan kapan akan berakhir.

“Kita juga tahu selama ini pelatihan-pelatihan semacam itu tidak efektif dan malah terkesan buang-buang anggaran saja. Rakyat dan karyawan yang kehilangan pekerjaan saat ini butuh bantuan untuk hidup, bahan makanan, bukan pelatihan online,” ucap Gus Yaqut—sapaan akrabnya.

Gus Yaqut membayangkan, jika jumlah peserta 5,6 juta orang dan membutuhkan biaya pelatihan Rp1 juta, maka anggaran yang diperlukan mencapai Rp5,6 triliun. “Ini malah anggarannya mencapai Rp20 triliun. Itu anggaran besar sekali. Uang itu akan bermanfaat kalau seandainya diberikan untuk membantu rakyat bertahan hidup selama masa pandemi seperti bantuan sembako atau uang tunai. Ini malah diberikan kepada lembaga training online. Yang menikmati siapa kalau begitu, rakyat atau perusahaan aplikasi training online?” tanya dia.

Di sisi lain, jelas Gus Yaqut, pelatihan online ini kental dugaan nepotisme dalam penunjukan vendor platform digital. Dia melihat, keterlibatan platform digital Ruang Guru yang dimiliki staf khusus Presiden Jokowi, Belva Devara, memicu konflik kepentingan.

“Di tengah semangat akuntabilitas tinggi yang digelorakan Presiden Jokowi, keterlibatan platform digital Skill Academy milik Ruang Guru tidak tepat. Posisi Belva Devara sebagai pendiri Ruang Guru sekaligus pembantu Presiden Jokowi saat ini rawan memicu tumpang tindih kepentingan. Jika pelatihan online tetap dipaksakan, justru makin membenarkan dugaan publik tentang ada konflik kepentingan,” ucap Gus Yaqut.

Untuk itu, dia meminta vendor-vendor pelatihan online dihapus saja segera daripada duitnya cuma berputar di perusahaan aplikasi. “Batalkan saja vendor-vendor aplikasi online itu. Lebih bermanfaat uangnya untuk rakyat langsung. Tolong diformulasikan ulang supaya lebih bisa efektif. Sekali lagi, yang mendesak dibutuhkan rakyat saat ini bukan pelatihan online, tapi bantuan yang langsung bisa dirasakan langsung rakyat,” tegas dia.

Sementara itu, penguasaan program pelatihan online hanya oleh segelintir mitra raksasa antara lain Tokopedia, Ruang Guru, Mau Belajar Apa, Bukalapak, Pintaria, Sekolahmu, Pijar Mahir, dan Kemnaker.go.id yang membuat para pengelola lembaga kursus di daerah menjerit.

Siti Nurul Hidayah, pengelola Lembaga Kursus Bahasa Inggris Gazebo English Course di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, mengatakan, beberapa lembaga kursus dan pelatihan di seluruh Indonesia, dalam beberapa hari ini, berbondong-bondong mengadakan telekonferensi via Zoom untuk membahas penguasaan program pelatihan daring hanya dengan menggandeng delapan platform raksasa yang ditunjuk menjadi media provider Kartu Prakerja. Dia pun mengaku kaget karena mendapatkan informasi bahwa pelatihan online tersebut lolos tanpa tender. “Kita pelaku bisnis supermikro seperti ‘dibutakan’ mata kita oleh ketidakjelasan aturan-aturan permen atau lainnya, ternyata sudah terstruktur dan masif,” kata dia. (Abdul Rochim)
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1746 seconds (0.1#10.140)