Selama Pandemi, 10 Provinsi di Jawa-Bali Konsisten Penyumbang Angka Corona Terbanyak

loading...
Selama Pandemi, 10 Provinsi di Jawa-Bali Konsisten Penyumbang Angka Corona Terbanyak
Satuan Tugas Penanganan Covid-19 mengatakan, selama pandemi Corona di Indonesia, Provinsi di Pulau Jawa dan Bali konsisten penyumbang angka kasus Covid-19. Foto/SINDOnews
JAKARTA - Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengatakan, selama pandemi virus Corona (Covid-19) di Indonesia, Provinsi di Pulau Jawa dan Bali konsisten memberikan kontribusi tinggi penyumbang angka kasus Covid-19.

"Jika dilihat dari perkembangan 11 bulan, provinsi di pulau Jawa dan Bali secara konsisten memberikan kontribusi yang tinggi dalam jumlah kasus Covid-19 di Indonesia," kata dalam update Perkembangan Penanganan Covid-19 di Indonesia secara virtual, Kamis (4/3/2021).

Baca juga: IMF Puji Kebijakan Jokowi Tangani Pandemi

Wiku mengatakan, hal ini dibuktikan dengan hampir seluruh provinsi di Pulau Jawa dan Bali selalu berada di 10 besar. "Dan hampir di setiap bulan kecuali bulan Oktober 2020, di mana hanya 4 provinsi dari pulau Jawa dan Bali yang masuk kedalam 10 besar," ucapnya.



Jika dilihat lebih dekat lagi, kata Wiku, maka DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur hampir selalu menduduki posisi empat besar jumlah kasus tertinggi yaitu pada bulan April, September sampai dengan Desember 2020, Januari dan Februari 2021.

Baca juga: Para Menteri Ekonomi ASEAN Dukung Program Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi

"Kasus yang ada pada 10 provinsi dengan kasus tertinggi ini menyumbangkan lebih dari 90% kasus pada awal pandemi. Kemudian menunjukkan tren penurunan hingga pada bulan Februari menjadi 80%," ungkap Wiku.



Wiku mengatakan hal ini menunjukkan bahwa seiring berjalannya waktu dengan karakteristik Indonesia yang merupakan negara kepulauan, dengan karakteristik wilayah yang bervariasi kasus Corona mulai menyebar ke lebih banyak provinsi di Indonesia.

Sehingga, ungkap Wiku saat ini kontribusi 10 provinsi tertinggi ini tidak tinggi pada awal pandemi dengan adanya data ini.

"Maka dapat disimpulkan bahwa sejak awal pandemi hingga sekarang penyumbang kasus Covid-19 terbanyak di Indonesia konsisten berasal dari Pulau Jawa khususnya DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur," katanya.

"Hal ini terjadi mengingat provinsi-provinsi tersebut merupakan provinsi dengan kota-kota besar populasi lebih banyak dibanding provinsi lainnya. Sehingga potensi penularan menjadi lebih tinggi di tengah masyarakat," jelas Wiku.
(maf)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top