Menko PMK Minta K/L Fokuskan Anggaran untuk Bantu Masyarakat

Sabtu, 18 April 2020 - 04:30 WIB
loading...
Menko PMK Minta K/L Fokuskan Anggaran untuk Bantu Masyarakat
Menko PMK Muhadjir Effendy. Foto: Okezone/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menekankan kepada kementerian dan lembaga (K/L) yang berada di bawah koordinasinya agar memfokuskan anggaran untuk membantu masyarakat menghadapi wabah virus Corona (Covid-19).

Menurut Muhadjir, refocusing anggaran harus digunakan untuk mendukung pananganan Covid-19 sesuai dengan bidang tugas kementerian/lembaga tersebut. "Terutama menyangkut hal-hal yang dibutuhkan dan menjawab keluhan masyarakat," kata Muhadjir kepada wartawan, Jumat (17/4/2020).

Muhadjir setuju realokasi anggaran beberpa K/L yang semula digunakan untuk perjalanan dinas dan paket meeting dialihkan pada hal yang dibutuhkan masyarakat dalam pandemi Covid-19, seperti Kemensos yang memberikan paket bantuan sembako; Kemenag yang akan menyalurkan bantuan untuk penguatan madrasah dan lain-lain menghadapi Corona.

Kemudian Kemendikbud yang membantu fakultas pendidikan dan kesehatan serta pekerja seni/budaya, dan Kemendes untuk inisiasi relawan desa, dan lain sebagainya.

"Saya mengingatkan lagi bahwa semangat Bapak Presiden adalah agar masyarakat yang ekonominya langsung terdampak akibat Covid-19, harus diutamakan," tegas dia.

Menko PMK telah membentuk Tim Monev (Monitoring dan Evaluasi) yang beranggotakan para Deputi/Staf Ahli yang mendapat tugas khusus menguatkan peran pengendalian atas pelaksanaan kebijakan-kebijakan K/L lingkup PMK dalam penanganan Covid-19.

"Saya minta setiap K/L menugaskan satu pejabat eselon 1 untuk bergabung dalam tim pengendali tersebut untuk melakukan supervisi sehingga kebijakan yang dilaksanakan dapat terpantau dan dilaporkan secara periodik," pungkasnya.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1956 seconds (0.1#10.140)