Bantuan Corona Tahap II dari Kemenag untuk Pesantren Segera Cair

Sabtu, 03 Oktober 2020 - 10:03 WIB
loading...
Bantuan Corona Tahap II dari Kemenag untuk Pesantren Segera Cair
Wakil Menteri Agama, Zainut Tauhid Saadi. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) akan kembali menyalurkan bantuan operasional untuk pondok pesantren (ponpes) dan pendidikan keagamaan Islam di masa pandemi Covid-19 (virus Corona).

Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi menyampaikan, bantuan tahap II ini akan mulai cair pada pekan depan. (Baca juga: Bertambah 4.317 Kasus Baru, Total 295.499 Orang Positif Corona)

"Kami sudah melakukan revisi juknis penyaluran bantuan dan itu sudah selesai. SK Penetapan Penerima Bantuan juga sudah terbit. Insya Allah pekan depan sudah mulai proses pencairan," kata Wamenag di Jakarta, Sabtu (3/10/2020).

"Jumlahnya lebih 1 triliun rupiah. Ini bentuk perhatian negara terhadap pesantren dan pendidikan keagamaan di masa Covid," sambungnya. (Baca juga: Disiplin 3M, Kunci Utama Tekan Penularan Covid-19)

Menurut Wamenag, Ditjen Pendidikan Islam akan segera mengirimkan Surat Keputusan Penetapan Penerima Bantuan dan Surat Pemberitahuan Bantuan kepada Kanwil Kemenag Provinsi. Nantinya, Kanwil akan menyampaikan ke Kankemenag Kab/Kota untuk diinformasikan kepada para penerima bantuan.

"Daftar penerima bantuan juga akan segera diupload di website PD Pontren agar bisa diakses luas oleh masyarakat," ujarnya.

Dirjen Pendidikan Islam Muhammad Ali Ramdhani menjelaskan, Surat Perintah Penyaluran Bantuan (SP2D) akan segera diberikan kepada bank penyalur. Nantinya, mereka harus mendistribusikan bantuan tersebut ke rekening penerima selambat-lambatnya 15 hari setelah SP2D terbit.

Para penerima bantuan bisa segera mengurus pencairan dengan datang ke bank penyalur sambil membawa Surat Keputusan Penetapan Penerima Bantuan dan Surat Pemberitahuan Bantuan. "Bantuan disalurkan ke rekening masing-masing penerima bantuan. Tidak ada potongan dalam bentuk dan atas alasan apapun," tegasnya.

Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Waryono menambahkan, bantuan operasional tahap II yang akan segera cair sejumlah Rp1.089.560.000.000,- Bantuan tersebut diperuntukkan bagi 8.849 pesantren.

Jumlah ini terdiri atas, 5.455 pesantren kategori kecil (mendapat bantuan Rp25juta), 1.720 pesantren sedang (Rp40juta), dan 1.674 pesantren besar (Rp50juta).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1547 seconds (0.1#10.140)