Kota Sehat, Solusi Tepat Menghadapi Pandemi

Jum'at, 19 Februari 2021 - 06:37 WIB
loading...
Kota Sehat, Solusi Tepat Menghadapi Pandemi
Pandemi Covid-19 semakin menyadarkan akan pentingnya kota sehat. FOTO/WIN CAHYONO
A A A
JAKARTA - Virus korona yang menyebar cepat ke berbagai kota di seluruh dunia, menjadi momentum terbaik untuk menggugah kembali pentingnya kota sehat. Dengan langkah ini ke depan kota-kota di dunia bisa lebih kuat menghadapi berbagai ancaman pandemi .

Perubahan persepsi tentang perlunya kota sehat muncul karena fakta ya kota-kota modern yang didesain khusus pun tak mampu membendung pandemi virus korona. Dengan demikian, kota idealnya bukan hanya mengoneksikan antara bekerja, lalu lintas kerja, wisata, dan hiburan saja. Kini semua orang membutuhkan kota yang sehat.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada awal Februari menggelar peluncuran jaringan kota sehat di Qatar. Anggota jaringan yang terdiri dari entitas pemerintah dan lembaga non-pemerintah dan swasta akan mewujudkan agenda kota sehat sebagai strategi kesehatan nasional.



Pertemuan Doha tersebut merupakan aksi lanjut dari Alliance for Healthy Cities berdiri untuk menjadi ajang peningkatan kerja sama dan perawatan kesehatan antar kota, dan organisasi di seluruh dunia yang digelar di Helsinki, 2003.

Hingga pada 2016 digelar Konferensi Global ke-9 yang mempromosikan kesehatan digelar di Shanghai. Konferensi itu digelar disela-sela Forum Wali Kota Internasional di mana pemimpin kota memainkan peranan utama untuk menciptakan lingkungan urban yang sehat seiring dengan meningkatnya populasi. Saat itu, lebih dari 100 wali kota bersiap mengadopsi Shanghai Consensus on Health Cities 2016.

"Pemerintah perlu mengembangkan rencana strategi dan kebijakan untuk mewujudkan pendekatan kota sehat dengan partisipasti komunitas, kemitraan, pemberdayaan dan ekuitas," kata pejabat WHO, Roberto Bertollini, dilansir The Peninsula Qatar.



WHO sebenarnya telah mengampanyekan program Kota Sehat sejak 1986 dengan lahirnya Ottawa Charter for Health Promotion. Sejak itu, program kota sehat pun menyebar ke seluruh dunia. Kota sehat memiliki tujuan, menurut WHO, adalah menciptakan lingkungan yang mendukung kesehatan, menyediakan kualitas kehidupan yang baik, menyediakan sanitas dasar dan higienitas, dan mendukung akses perawatan kesehatan.

“Program kota sehat seharusnya mempromosikan pemberdayaan masyarakat dan memperkuat partisipasi masyarakat,” kata Sadriya Al Kohji, Kepala Jaringan Kota Sehat WHO.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2624 seconds (0.1#10.140)