Pesantren dan Boarding School Solusi Pendidikan saat Pandemi

Jum'at, 05 Februari 2021 - 11:33 WIB
loading...
A A A
Di era pandemi, bila orang tua tidak mampu membimbing anak dalam belajar daring, kurang ketrampilan dan kesabaran. Untuk itu saya menyarankan orang tua Ketika tahun ajaran baru bisa memasukan anaknya ke pesantren atau sekolah berasrama yang bisa berjalan dengan baik di saat pandemi.

Pesantren dan sekolah berasrama juga harus bisa bertranformasi di era digital saat ini. Literasi digital dan penguasaan teknologi informasi harus menjadi perhatian serius dalam kurikulum pembelajaran. Jangan sampai mereka lulus namun tertinggal teknologi informasi

Namun kendala yang dihadapi orang tua dalam memasukan anak ke pesantren atau “boarding school” adalah biaya. Untuk itu saya mengusulkan kepada pemeritah agar segera membuat terobosan dengan mendirikan sekolah-sekolah berasarama di tingkat kabupaten/kota dan provinsi sebagai sebuah upaya.

Dari pada pemerintah mengeluarkan biaya hingga triliunan rupiah untuk kuota internet, dan banyak mubazir serta berpotensi merugikan Negara karena banyak siswa yang tidak memiliki gadget dan tidak mendapat sinyal di daerahnya, ada baiknya anggaran tersebut digunakan untuk membangun sekolah berasrama berbasis karakter. Khususnya pada jenjang pendidikan menengah dan menengah pertama, sehingga bisa melahirkan sumber daya manusia yang unggul dan berakhlak mulia.
(poe)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1156 seconds (0.1#10.140)