Idham Azis: Kadang-kadang Saya Teringat Ajaran Gus Dur

Senin, 01 Februari 2021 - 12:25 WIB
loading...
Idham Azis: Kadang-kadang Saya Teringat Ajaran Gus Dur
Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis. Dok Sindonews
A A A
JAKARTA - "Salah itu polisinya," ujar Idham Azis . Pernyataan spontan itu keluar saat dia dimintai tanggapan mengenai pemeriksaan seorang warga Maluku Utara yang mengunggah guyonan Gus Dur tentang polisi jujur di media sosial.

Berita itu sempat viral pada pertengahan 2020 dan menuai kecaman publik. Sebagai pimpinan Polri dia tanggap dan langsung menegur anggota yang bertindak berlebihan itu. Teguran ini adalah salah satu cara menjaga kepercayaan masyarakat.

(Baca Juga: Pensiun dari Polisi, Idham Azis: Saya Ingin Balik ke Kendari, Mancing dan Berkebun)

"Polisinya kurang baca. Padahal ayat yang pertama turun di Gua Hira itu kan Iqra. Iqra bismi rabbikallazi khalaq. Bacalah. Bacalah dengan nama Tuhanmu yang menciptakan. Masih hafal kok saya lanjutannya. Kok bisa? Kadang-kadang saya ingat ajaran Gus Dur," ungkap Idham dalam buku "Idham Azis Sang Elang Pemimpin".

(Baca Juga: Kisah Idham Azis yang Ngefans Berat Iwan Fals dan Ebit G Ade)

Sebagai sosok yang fair, Idham memang tak pernah keberatan meminta maaf jika menilai dirinya ataupun anggota yang bekerja di bawahnya melakukan kesalahan.

Baca juga : Idham Azis: Kadang-kadang Saya Teringat Ajaran Gus Dur

Dalam acara resmi, misalnya saat upacara Hari Ulang Tahun ke-74 Bhayangkara, Idham meminta maaf kepada masyarakat jika kinerja kepolisian belum memuaskan. Pada saat yang sama dia juga meminta jajarannya semakin profesional. "Hanya dengan cara itu polisi bisa dicintai masyarakat," ungkapnya.
(ymn)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2335 seconds (10.101#12.26)