Basarnas Sebut Perpanjangan Operasi SAR Tergantung Hasil Temuan dan Kondisi Cuaca

Minggu, 17 Januari 2021 - 13:02 WIB
loading...
Basarnas Sebut Perpanjangan Operasi SAR Tergantung Hasil Temuan dan Kondisi Cuaca
Basarnas masih melihat hasil operasi SAR Sriwijaya Air SJ-182 terlebih dahulu sebelum beberbicara perpanjangan operasi. Foto/Basarnas
A A A
JAKARTA - Deputi bidang Operasi Pencarian dan Pertolongan dan Kesiapsiagaan Badan SAR Nasional ( Basarnas ), Bambang Suryo Aji mengatakan pihaknya masih melihat hasil operasi SAR Sriwijaya Air SJ-182 terlebih dahulu sebelum beberbicara perpanjangan operasi.

"Tadi pertanyaannya perpanjangan ada lagi tidak? Kita melihat hasil nanti karena kan perpanjangan pertama itu kan sampai dengan hari Senin. Nanti akan kita evaluasi bagaimana apakah mau diperpanjang atau tidak menunggu hasil evaluasi besok," ujar Bambang di JICT II, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Minggu (17/1/2021).

Beberapa pertimbangan antara lain Cockpit Voice Recorder (CVR) belum ditemukan. Selain itu, bagian tubuh korban masih terus ditemukan.

"Jadi begini, kita lihat situasi di lapangan kemudian juga ada beberapa instrumen pesawat yang belum ditemukan seperti CVR dan lain-lain. Kemudian korban juga saya lihat setiap hari masih banyak kita mengevakuasi bagian tubuh korban, nanti kita lihat perkembangannya apakah di sana berkurang atau lain karena pengaruh sudah terbawa arus dan sebagainya," tuturnya.
Baca Juga: Jadwal Final Thailand Open 2021: Perjuangan Dua Wakil Merah Putih

"Sehingga pertimbangan ini juga menjadikan perhatian kita dihadapkan dengan pihak keluarga korban mungkin dia menginginkan keluarganya yang mendapatkan musibah ini bisa diidentifikasi," sambung Bambang.

Bambang menegaskan karena penemuan bagian tubuh masih terus bertambah maka ia berharap semakin banyak yang ditemukan. "Mudah-mudahan bisa banyak terkumpul body part sehingga kita bisa memberikan informasi kepada tim DVI untuk dilaksanakan indentifikasi," tegas Bambang.

Selain itu, masalah cuaca yang kurang bersahabat menjadi salah satu kendala tim SAR Gabungan di lapangan.

"Yang menjadi persoalan sekarang adalah memang cuaca, karena di tempat lokasi itu selain angin dan arus bawah itu yang cukup kencang mempengaruhi kita untuk melaksanakan pencarain khusunya untuk pencarian CVR maupun bagian body part," tutupnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1604 seconds (0.1#10.140)