Profil Marsdya TNI Kusworo, Pati AU Bintang 3 yang Jadi Kepala Basarnas Terbaru

Senin, 31 Juli 2023 - 12:52 WIB
loading...
Profil Marsdya TNI Kusworo, Pati AU Bintang 3 yang Jadi Kepala Basarnas Terbaru
Marsekal Madya TNI Kusworo baru saja ditunjuk untuk mengisi posisi Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP atau Basarnas). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Marsekal Madya TNI Kusworo baru saja ditunjuk untuk mengisi posisi Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP atau Basarnas). Ketentuan ini didasarkan pada mutasi yang tertuang pada SK Panglima TNI Nomor Kep/779/VII/2023 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia tertanggal 17 Juli 2023.

Pada daftar mutasi tersebut, tercatat sekitar 96 nama perwira tinggi (pati) tercantum. Termasuk salah satu di antaranya adalah Marsdya TNI Kusworo yang akan menjadi Kepala Basarnas menggantikan Marsdya Henri Alfiandi.

Lantas, seperti apakah sosok Marsdya TNI Kusworo ini? Untuk lebih jauh mengenalnya, simak ulasannya berikut.

Profil Marsdya TNI Kusworo


Marsdya TNI Kusworo merupakan salah seorang perwira tinggi (pati) TNI Angkatan Udara. Dia lahir di Gombong, Jawa Tengah pada 12 Februari 1967.

Melihat riwayatnya, Kusworo diketahui sebagai lulusan Akademi Angkatan Udara (AAU) 1988. Dia menjadi salah satu jebolan angkatan tersebut yang sudah mencapai pangkat perwira tinggi.

Saat ini, Kusworo menyandang pangkat Marsekal Madya atau perwira tinggi bintang tiga. Pada posisinya, pangkat ini satu tingkat di atas Marsekal Muda (bintang dua) dan setingkat di bawah Marsekal (bintang 4).

Beralih ke riwayat kariernya, Kusworo memiliki perjalanan panjang yang mengantarkannya menjadi seorang perwira tinggi (pati) TNI AU. Jauh sebelum ditunjuk menjadi Kepala Basarnas, dia juga sudah banyak menduduki posisi strategis lainnya.

Pada tahun 2006, Kusworo menjabat Danlanud Palembang. Sekitar dua tahun setelahnya, dia sempat menjadi LO TNI AU Kodam II/Sriwijaya sebelum akhirnya ditunjuk untuk mengisi jabatan Kadispers Lanud Iswahjudi (2009-2010).

Seiring waktu, namanya mulai lebih banyak dikenal. Termasuk ketika Kusworo menjabat Danlanud Adi Soemarmo (2011-2013). Kariernya semakin moncer ketika ditunjuk menjadi Kadisdikau pada 2016.

Sekitar tahun 2018, Kusworo beralih tugas menjadi Wadanseskoau. Sebulan bertugas, dia dimutasi menjadi Kadisopslatau. Jabatan ini ditempati sampai tahun 2021.

Setelah itu, Kusworo sempat menjabat Aspotdirga KSAU (2021) sebelum akhirnya menjadi Aspers Panglima TNI (2021-2022). Barulah setelahnya dia ditunjuk untuk mengisi posisi Dansesko TNI menggantikan Marsdya Diyah Yudanardi.

Kurang dari setahun menjabat Dansesko TNI, Marsdya Kusworo dimutasi menjadi Kepala Basarnas. Pada tugas barunya ini, dia menggantikan Marsdya Henri Alfiandi. Itulah ulasan singkat mengenai profil Marsdya TNI Kusworo yang menarik untuk disimak.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2429 seconds (0.1#10.140)