4 Video Ini Jadi Bukti Pendukung untuk Bubarkan FPI

Kamis, 31 Desember 2020 - 06:30 WIB
loading...
4 Video Ini Jadi Bukti Pendukung untuk Bubarkan FPI
Video Habib Rizieq Shihab yang mendukung ISIS diputar oleh pemerintah. FOTO/CAPTURE VIDEO/DOK.SINDONews
A A A
JAKARTA - Pemerintah Indonesia resmi membubarkan organisasi kemasyarakatan (ormas) Front Pembela Islam (FPI) , Rabu (30/12/2020). Melalui beberapa video, pemerintah menampilkan fakta bahwa FPI sebagai organisasi terlarang yang tidak sesuai dengan cita-cita NKRI.

"Silakan ada sedikit tiga menit ini, ada gambar-gambar pendukung," kata Menko Polhukam Mahfud MD usai menyampaikan keputusan pembubaran FPI dan menampilkan fakta melalu video yang menggambarkan organisasi itu terlarang.

1. Video pertama menampilkan bahwa adanya dukungan FPI terhadap ISIS.
Orasi Rizieq Shihab terkait dengan cita-cita ISIS untuk menegakkan syariat Islam. Menurut Rizieq, hal baik seperti itu haruslah diakui dan didukung. ( )

"Apa yang baik dari ISIS kita akui. Cita-cita mulianya menegakkan syariat Islam, hal yang baik. Cita-cita mulianya menegakkan khilafah Islamiyyah adalah hal yang baik," ucap Rizieq dalan video tersebut.

"Cita-citanya melawan kezaliman Amerika Serikat dan sekutunya cita-cita yang baik. Saya tanya, kalau hal-hal yang baik dukung tidak? Takbir," sambung Rizieq yang dijawab takbir oleh para pengikutnya.

2. Video anggota FPI yang mendukung baiat massal ISIS di Makassar
Anggota FPI yang mendukung baiat massal ISIS di Makassar pada 25 Januari 2015. Dalam video itu tampak sejumlah orang sedang mengikuti kalimat dari seseorang yang memimpin bacaan. Usai membacakan kalimat, mereka berteriak. ( )

3. Video provokasi pimpinan FPI pada konflik Ambon-Poso
Dalam orasi tersebut, Habib Rizieq menyebut pihaknya memiliki berbagai senjata tajam, senjata api, dan juga amunisi untuk melakukan perang tujuh hari tujuh malam di Poso.

"Polisi lari, tentara lari, ribuan orang Kristen mati saudara, mereka lari terbirit-birit lari ketakutan teriak-teriak minta tolong kepada Amerika, minta damai ke pemerintah pusat, Biad*b," kata Rizieq dalam cuplikan video itu.

4. Video anggota FPI-LPI pada acara Milad DPC FPI-LPI Macan Proppo Pamekasan yang melakukan latihan gorok leher

Ditampilkan juga para anggota FPI yang tengah melakukan latihan atau simulasi potong leher. Diduga kegiatan itu terjadi saat DPC FPI-LPI Macan Proppo Pamekasan yang ketiga.

Terlihat dari video tersebut ada seorang pria mengenakan pakaian serba putih dengan sarung yang digantung di pundaknya melakukan simulasi pemotongan leher terhadap para pemuda yang tengah duduk.

(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1527 seconds (0.1#10.140)