Sinergi dan Kolaborasi Dinilai Jadi Kunci Mengembangkan UMKM

Rabu, 23 Desember 2020 - 19:30 WIB
loading...
A A A
Dijelaskan Teten, pelaku UMKM mendominasi perekonomian di Indonesia dengan mengisi 99 persen populasi usaha, penyerapan tenaga kerja 97 persen dan kontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar 60 persen.

Dengan kontribusi yang sangat signifikan tersebut, maka pemerintah melihat Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di masa pandemi hanya dapat dilakukan jika UMKM dapat diselamatkan.

"UMKM di tengah krisis dari waktu ke waktu tampil menjadi dinamisator bagi ekonomi yang lesu. Sehingga kalau kita dorong belanja masyarakat yang saya rasa cukup besar market-nya, didorong untuk membeli produk UMKM, maka dengan daya beli yang terbatas sekarang masih bisa menggerakkan perputaran ekonomi nasional," kata Teten.

Sementara itu sebagai bagian dari pelaku industri yang juga melakukan pembinaan dan pelatihan terhadap UMKM, Direktur PT HM Sampoerna Tbk. Elvira Lianita sepakat bahwa pengembangan UMKM merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah, swasta dan juga akademisi. Bagi Elvira, kolaborasi dan digitalisasi merupakan dua faktor penting untuk menggerakkan ekonomi saat ini baik di daerah maupun nasional.

Atas dasar tersebut, Sampoerna melalui payung program Sampoerna untuk Indonesia (SUI), mengadakan Festival #SampoernaUntukUMKM dengan tujuan untuk meningkatkan produktifitas dan daya saing UMKM melalui peningkatan keterampilan dan literasi digital.

"Ini bukan tugas pemerintah semata. Untuk itu kami berkomitmen mendukungnya dengan melakukan pelatihan dan pendampingan mulai dari produksi hingga pemasaran seperti perluasan akses pasar. Salah satunya melalui digital dan pembenahan toko. Semuanya kami lakukan demi mengembangkan keterampilan dan daya saing UMKM," ujar Elvira.

Elvira mengungkapkan, pandemi tidak serta merta menghentikan upaya Sampoerna meningkatkan keterampilan usaha para pelaku UMKM. Pihaknya pun menyesuaikan cara pendampingannya kepada UMKM yang disesuaikan dengan kebutuhan saat ini.

Sejak 2007, Sampoerna telah memberikan pelatihan kewirausahaan kepada sekitar 52 ribu pelaku UMKM dan terus memberikan pendampingan secara berkelanjutan hingga saat ini. Di masa pandemi Covid-19, Sampoerna terus memberikan dukungan keterampilan usaha, termasuk literasi digital. Salah satunya dengan meluncurkan aplikasi OPTIMA UKM, aplikasi untuk pelaku UMKM mendapatkan modul pelatihan serta informasi seputar wirausaha secara cuma-cuma

Selain itu, UMKM binaan khususnya toko kelontong yang tergabung dalam Sampoerna Retail Community (SRC) didorong menggunakan aplikasi digital ‘AYO SRC’ agar pemesanan barang dapat dilakukan secara daring hingga lebih efektif. Aplikasi ini juga memudahkan pemilik toko melakukan manajemen stok barang.

“Ke depan, Sampoerna akan terus berupaya untuk menjangkau UMKM untuk ikut program sejenis,” ungkap Elvira.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2273 seconds (0.1#10.140)