Cari Pengganti Edhy dan Juliari, Jokowi Ditantang Keluar dari Tekanan PDIP dan Gerindra

Rabu, 16 Desember 2020 - 08:19 WIB
loading...
Cari Pengganti Edhy dan Juliari, Jokowi Ditantang Keluar dari Tekanan PDIP dan Gerindra
Presiden Jokowi ditantang keluar dari tekanan Partai Gerindra dan PDIP dalam mencari pengganti Menteri Sosial (Mensos) dan Menteri Kelautan dan Perikanan. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Direktur Political and Public Policy Studies (P3S), Jerry Massie meyakini Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih akan menempatkan kader PDI Perjuangan sebagai Menteri Sosial (Mensos) dan kader Partai Gerindra sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan setelah kader dua partai itu yakni Juliari Batubara dan Edhy Prabowo tersangkut kasus korupsi.

"Saya lihat Jokowi masih bergantung pada dua partai ini dan dia belum bisa survival," kata Jerry saat dihubungi SINDOnews, Rabu (16/12/2020). (Baca juga: Jokowi Sudah Tak Punya Beban, Reshuffle Kabinet Disarankan Libatkan KPK)

Jerry mengaku lebih setuju jika Mensos dan Menteri KP nantinya diisi kalangan profesional atau akademisi yang mengerti persoalan dan jelas track record nya. Sebab, tak bisa dipungkiri bahwa, baik PDIP maupun Gerindra akan tetap bersikeras menempatkan kader-kader mereka di dalam kabinet. Dia melihat, ini masalah klasik tentang jatah politik. "Tinggal kebijaksaan Jokowi apa dia masih di bawah under pressure PDIP atau Gerindra atau narasi politisnya dia di periode kedua memimpin tanpa beban," ujarnya. (Baca juga: Isu Reshuffle, Pengganti Edhy dan Juliari Bisa Bukan dari Gerindra-PDIP)

Di sisi lain, dua pos kementerian tersebut, seharusnya tak diisi politisi partai karena diduga rawan korupsi dengan asumsi pemberian APBN yang cukup besar. Dengan demikian, Jerry menegaskan, meski ada keinginan agar Mensos dan Menteri KP dijabat kalangan profesional, tapi dia tak yakin hal itu dapat terwujud. Dia masih yakin, dua pos menteri itu akan tetap diberikan kepada PDIP dan Gerindra.

Dia mengatakan, memang ada isu atau rumor Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma) akan diplot ke posisi Mensos. Menurutnya, hal ini bisa saja kalau disetujui Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri. Tapi, Jerry menyebut, Jokowi sebagai petugas partai pasti akan menuruti jika nama Risma yang disodorkan. "Nama Sandiaga Uno disebut-sebut akan duduk di posisi Menteri KKP bagi saya Sandi wrong place tempat ini bukan spesialisasi dia. (Tapi Menteri KP bisa milik Sandi), ini balas jasa Prabowo kepadanya yang menjadi tandem pada pilpres lalu," pungkasnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0841 seconds (0.1#10.140)