Tak Patuhi Protokol Kesehatan, Pemilih Bakal Tak Diterima di TPS

Selasa, 08 Desember 2020 - 20:11 WIB
loading...
Tak Patuhi Protokol Kesehatan, Pemilih Bakal Tak Diterima di TPS
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, keberhasilan pilkada serentak adalah protokol kesehatan dijalankan dengan baik. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, tolok ukur keberhasilan pilkada serentak besok adalah jika protokol kesehatan dapat dijalankan dengan baik. Selain itu pilkada dapat dikatakan sukses jika tidak menjadi karakter penularan.

(Baca juga: Update, Total 2.144 WNI di Luar Negeri Positif Covid-19)

"Pilkada ini hanya dapat dikatakan berhasil apabila penyelenggaraannya berlangsung dengan menegakkan disiplin protokol kesehatan. Sehingga tidak ada penularan kasus Covid-19 baru. Ini merupakan tanggung jawab utama penyelenggara pemilu dan seluruh pasangan calon," kata Wiku saat konferensi pers, Selasa (8/12/2020).

(Baca juga: Menlu Retno Sebut Diplomasi Vaksin Terus Dilanjutkan untuk Kawal Vaksinasi)

Dia mengatakan, KPU telah mengeluarkan berbagai peraturan untuk memastikan protokol kesehatan berjalan di semua tahapan pilkada. Dia mengatakan, hal ini merupakan aturan yang wajib dipatuhi.

"Penyelenggaraan bertanggung jawab untuk mengelola pilkada dengan menegakkan disiplin protokol kesehatan selama perhelatan berlangsung. Pastikan semua individu yang bertugas memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Petugas juga wajib mengangkat pemilih untuk menerapkan protokol kesehatan secara disiplin yang sama," paparnya.

Wiku menuturkan, Satgas Daerah harus mengawasi perhelatan pilkada di wilayahnya masing-masing. Jika ada kerumunan dia meminta agar segera diberikan teguran. Namun apabila tidak mau menerima teguran, Satgas daerah berhak untuk membubarkan.

Dia pun mengingatkan masyarakat juga disiplin menjalankan protokol kesehatan.Jika tidak bisa tidak diterima di TPS. "Masyarakat yang datang memilih wajib untuk menerapkan protokol kesehatan. Apabila tidak maka siap-siap untuk menerima konsekuensi dalam bentuk teguran atau tidak diterima di TPS," ujarnya

Wiku juga meminta masyarakat melaporkan kepada petugas jika mendapati ada pelanggaran protokol kesehatan di TPS. Dengan begitu akan ada tindakan tegas terhadap pelanggaran protokol kesehatan tersebut.

"Ingat Pilkada serentak 2020 ini harus dijalankan dengan sangat hati-hati. Dan keberhasilannya sangat bergantung pada upaya kita semua untuk saling mendukung dan bertanggung jawab atas peran masing-masing. Mari bersama kita wujudkan pilkada serentak yang aman dan bebas Covid," paparnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2635 seconds (0.1#10.140)