KPU Apresiasi Peran KIM, Sang Corong Informasi Pemilihan Serentak 2020

loading...
KPU Apresiasi Peran KIM, Sang Corong Informasi Pemilihan Serentak 2020
Pemilihan Serentak 2020 merupakan pesta demokrasi yang menjadi tanggung jawab seluruh pihak. Komisi Pemilihan Umum (KPU) bersama Pemerintah bahu membahu dalam menyukseskan gelaran Pemilihan tahun ini.
JAKARTA - Pemilihan Serentak 2020 merupakan pesta demokrasi yang menjadi tanggung jawab seluruh pihak. Komisi Pemilihan Umum (KPU) bersama Pemerintah bahu membahu dalam menyukseskan gelaran Pemilihan tahun ini.

Anggota KPU I Dewa Raka Sandi mengatakan KPU dalam menyiapkan Pemilihan tidak bisa bekerja sendiri. Apalagi untuk urusan komunikasi ke masyarakat, KPU membutuhkan peran banyak pihak untuk bersama-sama menciptakan pemilih yang cerdas, sehat dan damai dalam Pemilihan Serentak 2020.

“Kami berterima kasih kepada semua pihak yang membantu persiapan Pemilihan Serentak 2020. Ini (Pemilihan) adalah tanggung jawab bersama dan partisipasi seluruh pihak tentu sangat penting bagi suksesnya Pemilihan ini. Kami berupaya seoptimal mungkin memanfaatkan waktu yang tersisa jelang hari H Pemilihan untuk mempersiapkan segala sesuatunya dengan maksimal, tentunya dengan bantuan seluruh pihak,” ujar Anggota KPU RI, I Dewa Raka Sandi dalam Forum Sosialisasi (Online) Kelompok Informasi Masyarakat, pekan lalu.

Salah satu elemen penting dalam upaya menyukseskan Pemilihan adalah kehadiran Kelompok Informasi Masyarakat (KIM). Kelompok ini merupakan agen pemerintah yaitu Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam membantu KPU untuk memenuhi target partisipasi pemilih sebesar 77,5 persen.



Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik, Kemenkominfo Prof. Dr. Widodo Muktiyo di berbagai kesempatan menyampaikan bahwa KIM diharapkan sebagai motor penggerak yang mengedukasi masyarakat untuk berpartisipasi aktif dan cerdas dalam Pemilihan Serentak 2020.

“KIM bertugas mengajak masyarakat agar tetap memperhatikan dan disiplin menerapkan protokil kesehatan meskipun tengah dalam euphoria pemilihan kepala daerah. Prinsip dasar pemilihan selain memilih adalah pemilih tetap sehat,” ujar Widodo.

Salah satu contoh peran aktif KIM adalah dalam Pemilihan di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. KIM Sekarbela Mataram sangat pro aktif dalam menginformasikan jalannya seluruh tahapan Pemilihan kepada masyarakat.



KPU Kota Mataram melibatkan KIM sebagai mitra dalam menyosialisasikan program maupun proses tahapan, termasuk visi misi calon Wali Kota dan wakil Wali Kota kepada masyarakat melalui media sosial khususnya di Facebook dan Instagram.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top