Amien Rais sebagai Sosok Penting di PAN Masih Harus Dibuktikan

Senin, 11 Mei 2020 - 09:00 WIB
loading...
Amien Rais sebagai Sosok Penting di PAN Masih Harus Dibuktikan
Analis Politik UIN Jakarta, Bakir Ihsan menilai sejauh ini elektabilitas Partai Amanat Nasional (PAN) selama ini bukan pada sosok Amien Rais tetapi oleh kinerja partai. Foto/SINDOphoto
A A A
JAKARTA - Setelah Hanafi Rais yang juga putra Amien Rais mundur dari Kepengurusan Partai Amanat Nasional (PAN) sekaligus anggota DPR, muncul wacana pembentukan partai baru yang disebut-sebut bakal didirikan Amien Rais dan para pendukungnya.

Lalu seberapa kuat pengaruh Amien sebagai pendiri PAN bisa menggerus basis massa partai itu untuk kemudian ditarik ke partai barunya tersebut?

Analis Politik UIN Jakarta, Bakir Ihsan menilai sejauh ini elektabilitas PAN selama ini bukan pada sosok Amien Rais tetapi oleh kinerja partai. "Kondisi PAN saat ini lahir dari perilaku PAN sendiri," ujar Bakir saat dihubungi SINDOnews, Senin (11/5/2020).

Menurut Bakir, jika memang selama ini ada pengaruh Amien di PAN maka seharusnya elektabilitas PAN cenderung stabil. Namun yang terjadi tidak demikian, PAN dari lahir hanya menjadi partai papan tengah.

Untuk itu, kata Bakir, pengaruh Amien untuk berhasil menggerus basis massa PAN masih akan diuji kebenarannya. "Artinya posisi AR sebagai sosok penting bagi partai masih harus dibuktikan," ucapnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0989 seconds (0.1#10.140)