BUMDes sebagai Ujung Tombak Kebangkitan Masyarakat Desa

Sabtu, 07 November 2020 - 18:37 WIB
loading...
BUMDes sebagai Ujung Tombak Kebangkitan Masyarakat Desa
Gubernur NTB Zulkieflimansyah memuji Menteri Desa, PDTT Abdul Halim Iskandar saat Menteri Halim menghadiri Sosialisasi Permendesa di Mataram, Sabtu (7/11/2020).
A A A
MATARAM - Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah memuji Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar saat Menteri Halim menghadiri Sosialisasi Permendesa Nomor 13/2020 dan Konsultasi Publik RPP BUMDesa di Mataram, Sabtu (7/11/2020).

Gubernur Zulkieflimansyah menilai Menteri Halim sudah mengetahui arah dan program yang bakal dijalankan di Kemendes PDTT. "Sebab pengalaman empat periode menjadi anggota DPR, ada juga menteri yang tidak tahu mau kemana," kata Zulkieflimansyah disambut tepuk tangan.

SDGs Desa, kata Politikus PKS ini, spiritnya Suistainable Development Goals. Konsep ini dinilai luar biasa. "Konsep ini sangat luar biasa. Bisa-bisa Beliau pulang dari NTB ini bisa jadi Calon Presiden," kata Zulkieflimansyah yang disambut tawa hadirin.

Suinstability adalah cara pandang baru mengenai pembangunan, yang tidak hanya dilihat dengan angka tapi ada proses besar untuk meningkatkan kemampuan masyarakat. Laporan yang diterima dari Mendes PDTT menyebutkan jika pandemi Covid-19 menjadi berkah bagi NTB.

Pemerintah Daerah putuskan tidak memakai tunai tapi gunakan komoditas sebagai alat pembayaran. "Bantuan yang diberikan kepada masyarakat dalam bentuk komoditas," kata Zulkieflimansyah.

Dia memaparkan saat ini masyarakat telah mampu produksi sendiri, dari masker hingga kebutuhan lainnya. Ke depan pihaknya bakal menggandeng BUMDes sebagai ujung tombak pemasaran produk itu. "Jika BUMDes nya maju, pekerjaan bakal lebih banyak tercipta dan masuk ke sektor formal hingga meningkatkan derajat kehidupan," kata Zulkieflimansyah.

BUMDes harus terintegrasi dengan sistem IT maka semua desa akan mengetahui seluruh produk desa. [Firman]
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3678 seconds (0.1#10.140)