Ini Jawaban Habib Rizieq ketika FPI Disebut Radikal dan Anarkistis

Jum'at, 06 November 2020 - 14:30 WIB
loading...
Ini Jawaban Habib Rizieq ketika FPI Disebut Radikal dan Anarkistis
Habib Rizieq Shihab tidak menampik ada anggota yang berlebihan dalam bertindak karena faktor kemajemukan latar belakang, terutama pendidikan. Namun semuanya tetap dirangkul untuk dibina. Foto/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Habib Rizieq Shihab dengan Front Pembela Islam (FPI)-nya telah mewarnai panggung politik di Tanah Air. FPI dengan slogan amar ma’ruf nahi mungkar lebih dikenal sebagai kelompok Islam berpandangan radikal. Anggapan itu semakin mendapat pembenaran ketika banyak anggotanya kerap melakukan sweeping atau penyerbuan.

Yang menjadi sasaran biasanya tempat-tempat judi, prostitusi, tempat minuman keras dan sejenisnya. Tak pelak, pandangan stereotip bahwa FPI adalah radikal dan anarkistis makin menancap di benak masyarakat. Maka, jangan heran kalau tak sedikit orang mengkhawatirkan kepulangannya dari Arab Saudi pada 10 November nanti bakal membuat FPI makin arogan.

(Baca: Habib Rizieq, Anak Yatim yang Hengkang karena Politik dan Pulang di Hari Pahlawan)

Habib Rizieq yang didaulat sebagai imam besar FPI sendiri tak menampik perilaku anggotanya tersebut. Tetapi ada argumen dan alasan di baliknya. ”Saya tidak pernah mengatakan anggota FPI itu suci, tidak salah,” kata Habib Rizieq dalam video pengajian di Jakarta yang diunggah akun youtube Imam S, empat tahun silam.

Menurut dia, anggota FPI banyak tersebar di berbagai daerah. Mereka memiliki latar belakang pendidikan yang berbeda. ”Anggota di daerah ada yang berpendidkikan dan ada yang tidak berpendidikan. Yang berpendidikan gampang mengaturnya, yang tidak berpendidikan susah membinanya,” jelas dia.

Ibarat petasan, Habib Rizieq menyebut mereka yang tidak berpendidikan ada sumbunya panjang sehingga meletusnya lama. Tapi ada yang sumbunya pendek, sehingga disundut sedikit langsung meledak. ”Tetapi FPI tetap membina mereka semua,” kata Habib Rizieq.

(Baca: Habib Rizieq, Ulama Alumnus SMP Kristen Bethel yang Tak Pernah Mengenyam Madrasah)

Di hadapan para anggota FPI, Habib Rizieq menegaskan telah mempersilakan polisi memproses anggota FPI yang melanggar hukum, termasuk pengurus, sesuai hukum yang berlaku. ”Kita tidak pernah akan membela dan melindungi orang yang salah,” tegas dia.

Sebaliknya, Habib Rizieq hanya menuntut sedikit keadilan. Apa itu? Opini berimbang mengenai sepak terjang FPI. ”Memang benar FPI menyerbu arena biliar, tapi jelaskan juga di sana ada judi, prostitusi, dan ekstasi. Kalau penyerbuan FPI ditulis besar-besar, kenapa aksi kemanusiaan anggota-anggota FPI setelah tsunami Aceh misalnya, tidak ada yang menulis?” katanya.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0908 seconds (0.1#10.140)