Sandiaga Uno Ungkap Strategi Usaha Bertahan di Tengah Pandemi

Rabu, 28 Oktober 2020 - 12:29 WIB
loading...
Sandiaga Uno Ungkap Strategi Usaha Bertahan di Tengah Pandemi
Pengusaha nasional Sandiaga Salahudin Uno pun mengungkap sejumlah strategi agar usaha tetap bisa bertahan di tengah pandemi Covid-19. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pandemi Covid-19 (virus Corona) yang belum berakhir mengakibatkan daya beli masyarakat menurun. Begitupun dengan pelaku usaha, termasuk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) banyak di antara mereka yang harus menutup usahanya akibat pendapatan menurun drastis setelah adanya pemberlakuan pembatasan sosial berkala besar (PSBB).

(Baca juga: Perpres 102/2020 Terbit, KPK Berwenang Ambil Alih Kasus Kejaksaan-Polri)

Pengusaha nasional Sandiaga Salahudin Uno pun mengungkap sejumlah strategi agar usaha tetap bisa bertahan di tengah pandemi Covid-19.

"Di tengah pandemi, dan di tengah daya beli masyarakat dan konsumsi yang masih rendah, kita harus memutar cara agar usaha kita dapat tetap bertahan dan lapangan kerja tetap tercipta. Maju terus usaha-usaha mikro dan kecil masyarakat Indonesia," kata Sandiaga saat berbincang dengan pengusaha kafe bertema K-POP, Jihan Putri, dikutip dalam keterangan tertulisnya, Rabu (28/10/2020).

Pendiri Rumah Siap Kerja ini mengatakan setidaknya ada tiga strategi agar usaha tetap bertahan di tegah pandemi. Pertama yaitu para pelaku usaha harus beradaptasi dengan kenormalan baru.

(Baca juga: Daftar Produk Prancis yang Berpotensi Diboikot Dunia Muslim)

"Strategi untuk bertahan menurut saya adaptasi dengan kernormalana baru, karena nongkrong-nongkrong sekarang dibatasi 50 persen. Jadi gimana konsep kafe itu, hybrid ya jadi campur ada yang physical, ada yang virtual," kata Sandi yang merupakan mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Kedua adalah survive trough ecosystem, yakni bertahan dengan kekuatan komunitas. Salah satunya menurut Sandi komunitas pecinta K-POP seperti kafe K-POP yang dikembangkan Jihan tersebut.

“Melihat trend K-POP di Indonesia, Mba Jihan Putri membuka cafe dengan tema K-POP. Ini adalah cara yang baik sekali dalam menarik pelanggan terutama mereka yang suka dengan grup musik asal korea seperti BTS," jelas Sandi.

"Komunitas yang paling mendukung tentunya komunitas K POP dan pendukung BTS ya. Dua anak perempuan saya fans beratnya BTS, dan kita baru saja ada satu program bareng sama BTS karena dia adalah game changer," sambung politikus Gerindra ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5299 seconds (0.1#10.140)