Suharso Deklarasi, Ada Nama Sandi dan Khofifah di Bursa Caketum PPP

loading...
Suharso Deklarasi, Ada Nama Sandi dan Khofifah di Bursa Caketum PPP
Selain Plt Ketum PPP Suharso Monoarfa yang telah mendeklarasikan diri, muncul sejumlah nama lain dalam bursa calon ketua umum pada Muktamar PPP di bulan Desember nanti, termasuk Sandiaga Uno. Foto/dok.SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Menjelang pelaksanaan Muktaramar IX Partai Persatuan Pembangunan (PPP) pada pertengahan Desember 2020 mendatang di Kota Makassar, suhu politik di internal Partai Kakbah mulai menghangat.

Setelah Plt Ketua Umum Suharso Monoarfa mendeklarasikan maju sebagai calon ketua umum (caketum), muncul juga sejumlah nama mentereng yang juga disebut berpotensi maju sebagai caketum.

Siapa saja mereka? Wakil Sekjen DPP PPP Ahmad Baidowi mengatakan, memang sejauh ini tokoh yang sudah mendeklarasikan diri maju sebagai caketum baru Suharso Monoarfa. "Namun ada beberapa nama yang disebut-sebut bakal maju di antaranya anggota Watimpres Bapak Mardiono, kemudian Pak Muqowam, politisi senior PPP," ujar Baidowi kepada SINDOnews, Minggu (25/10/2020).

(Baca: Muktamar PPP Tetap Digelar Setelah Pilkada 2020)



Selain itu, ada pula nama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang diusulkan oleh DPW PPP Jawa Timur dan mantan wakil gubernur Jatim yang saat ini maju sebagai calon wali kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul). "Di Jatim mengusulkan nama Bu Khofifah dan Gus Ipul, itu usulan dari DPW Jatim," urainya.

Tidak hanya itu, ternyata nama politikus Gerindra yang pernah maju sebagai calon wakil presiden, Sandiaga Uno juga diusulkan oleh sejumlah DPC sebagai salah satu caketum. "Tetapi itu kan baru sekadar usulan, baru wacana. Apakah benar-benar beliau mau maju ya belum tahu, yang terdengar sudah konsolidasi itu kan Pak Suharso Monoarfa sudah melakukan konsolidasi ke beberapa DPW dan berkomunikasi dengan DPC-DPC, kemudian Pak Mardiono juga sudah menyiapkan tim pemenangan," katanya.

Soal nama Khofifah, Gus Ipul, dan Sandiaga Uno, sejauh ini baru sekadar usulan DPW Jatim. "Sementara ada beberapa DPC yang mewacanakan Sandiaga Uno, ya itu kan hak untuk menyampaikan aspirasi, tapi semua tergantung muktamirin siapa yang akan dipilih nanti," katanya.



(Baca: Usulkan Fatwa Presiden Satu Periode, PPP Ingatkan Tupoksi MUI)

Namun, Baidowi memastikan bahwa Muktamar PPP bakal digelar pada pertengahan Desember di Makassar. Karena masih masa pandemi, pelaksanannya dilakukan dengan mengombinasikan offline dan online.

Apakah nama dari luar kader bisa maju sebagai caketum? Baidowi mengatakan bahwa jika merujuk pada AD/ART partai maka ketum harus sudah satu periode di DPP atau DPW. "Namun, AD/ART juga bisa diubah di muktamar makanya semua tergantung muktamirin. Kalau diubah, apakah diberlakukan pada Muktamar IX atau muktamar setelahnya, semua bergantung muktamirin," pungkas Wakil Ketua Baleg DPR ini.
(muh)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top