Survei IPR, Tiga Menteri Ini Berkinerja Paling Memuaskan Publik

Sabtu, 24 Oktober 2020 - 17:14 WIB
loading...
Survei IPR, Tiga Menteri Ini Berkinerja Paling Memuaskan Publik
Hasil survei yang dilakukan Indonesia Political Review (IPR) menyebutkan bahwa tingkat kepuasan publik terhadap kinerja menteri Kabinet Jokow-Maruf Amin secara umum di bawah 50%. FOTO/DOK.SINDOphoto/EKO PURWANTO
A A A
JAKARTA - Hasil survei yang dilakukan Indonesia Political Review (IPR) menyebutkan bahwa tingkat kepuasan publik terhadap kinerja menteri Kabinet Jokow-Ma'ruf Amin secara umum di bawah 50%. Dari survei itu juga diketahui ada tiga menteri yang dinilai berkinerja paling memuaskan.

Ketiganya adalah Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang mendapatkan nilai 45,2%. Kemudian posisi kedua ada nama Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dengan meraih 44,9% kepuasan publik. Ketiga, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali memperoleh nilai 44,8%.

"Selain ketiga nama menteri itu, ada pula nama Jaksa Agung ST Burhanuddin yang mendap 44,0% kepuasan publik, disusul Menko Polhukam Mahfud MD 43,7%, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian 43,0%, Menteri PUPR Basuki Hadimulyo 42,8%, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita 42,5% dan Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto 42,0%," kata Direktur Eksekutif IPR, Ujang Komarudin dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (24/10/2020). ( )

Selain para menteri, IPR juga menyurvei kinerja pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin. Hasilnya sebanyak 43,7% (gabungan sangat puas + puas) publik mengatakan puas dengan kinerja pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin. Sementara 51,3% (gabungan tidak puas + sangat tidak puas) mengatakan tidak puas. "Sisanya 5,0% mengaku tidak tahu/tidak jawab," katanya.

Survei ini dilakukan di 34 provinsi yang ada di Indonesia dan menggunakan Metode Multistage Random Sampling. Wawancara dilakukan pada 1-10 Oktober 2020 dengan cara telesurvei, yakni responden diwawancara melalui kontak telepon menggunakan kuesioner. Adapun jumlah responden yakni sebanyak 1.000 orang dengan margin of error +/- 3.1% pada tingkat kepercayaan 95%.

Survei nasional ini untuk mengetahui tingkat kepuasan publik terkait kinerja Kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin selama satu tahun tersebut. Survei ini bermaksud mengukur 2 (dua) hal isu utama yakni Mengukur tingkat kepuasan publik terhadap kinerja pemerintahan Jokowi- Ma'ruf Amin dan mengukur tingkat kepuasan publik terhadap kinerja para menteri Jokowi-Ma'ruf Amin. ( )
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1971 seconds (0.1#10.140)