Survei IPR, Tiga Menteri Ini Berkinerja Paling Memuaskan Publik

loading...
Survei IPR, Tiga Menteri Ini Berkinerja Paling Memuaskan Publik
Hasil survei yang dilakukan Indonesia Political Review (IPR) menyebutkan bahwa tingkat kepuasan publik terhadap kinerja menteri Kabinet Jokow-Maruf Amin secara umum di bawah 50%. FOTO/DOK.SINDOphoto/EKO PURWANTO
A+ A-
JAKARTA - Hasil survei yang dilakukan Indonesia Political Review (IPR) menyebutkan bahwa tingkat kepuasan publik terhadap kinerja menteri Kabinet Jokow-Ma'ruf Amin secara umum di bawah 50%. Dari survei itu juga diketahui ada tiga menteri yang dinilai berkinerja paling memuaskan.

Ketiganya adalah Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang mendapatkan nilai 45,2%. Kemudian posisi kedua ada nama Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dengan meraih 44,9% kepuasan publik. Ketiga, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali memperoleh nilai 44,8%.

"Selain ketiga nama menteri itu, ada pula nama Jaksa Agung ST Burhanuddin yang mendap 44,0% kepuasan publik, disusul Menko Polhukam Mahfud MD 43,7%, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian 43,0%, Menteri PUPR Basuki Hadimulyo 42,8%, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita 42,5% dan Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto 42,0%," kata Direktur Eksekutif IPR, Ujang Komarudin dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (24/10/2020). (Baca juga: Enam Catatan Komnas HAM untuk Satu Tahun Jokowi-Ma’ruf Amin)

Selain para menteri, IPR juga menyurvei kinerja pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin. Hasilnya sebanyak 43,7% (gabungan sangat puas + puas) publik mengatakan puas dengan kinerja pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin. Sementara 51,3% (gabungan tidak puas + sangat tidak puas) mengatakan tidak puas. "Sisanya 5,0% mengaku tidak tahu/tidak jawab," katanya.



Survei ini dilakukan di 34 provinsi yang ada di Indonesia dan menggunakan Metode Multistage Random Sampling. Wawancara dilakukan pada 1-10 Oktober 2020 dengan cara telesurvei, yakni responden diwawancara melalui kontak telepon menggunakan kuesioner. Adapun jumlah responden yakni sebanyak 1.000 orang dengan margin of error +/- 3.1% pada tingkat kepercayaan 95%.

Survei nasional ini untuk mengetahui tingkat kepuasan publik terkait kinerja Kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin selama satu tahun tersebut. Survei ini bermaksud mengukur 2 (dua) hal isu utama yakni Mengukur tingkat kepuasan publik terhadap kinerja pemerintahan Jokowi- Ma'ruf Amin dan mengukur tingkat kepuasan publik terhadap kinerja para menteri Jokowi-Ma'ruf Amin. (Baca juga: Fokus Atasi Corona, Istana Tegaskan Tak Ada Wacana Reshuffle Kabinet)
(abd)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top