Jokowi Ingin Komunikasi Publik soal Vaksin COVID-19 Disiapkan Matang

Senin, 19 Oktober 2020 - 12:45 WIB
loading...
Jokowi Ingin Komunikasi Publik soal Vaksin COVID-19 Disiapkan Matang
Presiden Jokowi meminta agar persoalan vaksin tidak dilakukan secara tergesa-gesa. Jangan sampai dipersepsi kurang baik karena buruknya komunikasi publik. FOTO/DOK.SINDOphoto
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar persoalan vaksin COVID-19 tidak dilakukan secara tergesa-gesa. Dia mengingatkan jangan sampai masalah vaksin dipersepsi kurang baik karena buruknya komunikasi publik.

"Vaksin ini jangan tergesa-gesa karena sangat kompleks, menyangkut nanti persepsi di masyarakat. Kalau komunikasinya kurang baik bisa kejadian kayak Undang-Undang (UU) Cipta Kerja ," katanya saat membuka rapat terbatas di Istana Merdeka, Senin (19/10/2020).

Dia pun meminta agar persoalan vaksin betul-betul dipersiapkan. Terutama berkaitan dengan komunikasi publiknya. "Terutama yang berkaitan dengan halal dan haram, yang berkaitan dengan harga, yang berkaitan dengan kualitas, nanti yang berkaitan dengan distribusinya seperti apa. Meskipun tidak semuanya perlu kita sampaikan ke publik, harga ini juga tidak harus kita sampaikan ke publik," ujarnya. ( )

Jokowi juga menekankan bahwa titik kritis dari vaksin adalah implementasinya. Dia mengingatkan vaksin tidak dianggap mudah. "Jangan menganggap mudah implementasi, tidak mudah. Prosesnya seperti apa, siapa yang pertama disuntik terlebih dahulu, kenapa dia. Harus dijelaskan betul kepada publik," tuturnya.

Mantan Wali Kota Surakarta ini mengingatkan jangan sampai vaksin dihantam isu-isu dan dipelintir. Di mana pada akhirnya membuat masyarakat demonstrasi.

"Proses-proses komunikasi publik ini yang harus disiapkan. Hati-hati disiapkan betul. Siapa yang gratis, siapa yang mandiri, dijelasin betul. Harus detil ini. Ini jangan sampai nanti dihantam oleh isu, dipelintir kemudian kejadiannya bisa masyarakat demo-demo lagi karena sekarang memang masyarakat pada posisi yang sulit," katanya. ( )
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1171 seconds (0.1#10.140)