Paradigma Komprehensif Penanganan Covid-19

Rabu, 14 Oktober 2020 - 05:45 WIB
loading...
A A A
Terakhir, kita harus membangun partisipasi masyarakat secara sistematis, masif, dan terorganisasi. Kita memiliki 1.5 juta rukun tetangga (RT) dan 800.000 kader pemberdayaan kesehatan keluarga (PKK) yang terbukti militan dan terstruktur hingga ke daerah perifer , yang bisa menjadi corong promosi kesehatan yang ampuh. Selama ini kita bertumpu pada peran dua jejaring tersebut dalam pelaksanaan program kesehatan di masyarakat seperti posyandu, imunisasi, dan gizi. Tokoh masyarakat dan tokoh agama adalah aktor lain yang bisa banyak berperan.

Ini adalah momentum untuk perbaikan dan mengefektifkan sistem yang sudah berjalan, bukan hanya untuk kondisi saat ini, tapi juga membangun pertahanan di masa depan karena sejarah bisa berulang. Perbaikan tata kelola, kepemimpinan, pencatatan dan pelaporan, kualitas layanan dan efektivitas peran serta masyarakat harus dilakukan.

Tanpa strategi yang jitu, kita akan semakin berlama-lama dengan masalah yang bukan hanya menambah jumlah kasus dan kematian, melahirkan masalah kesehatan masyarakat baru seperti penyakit menular, stunting, dan kematian ibu hamil, tapi juga resesi ekonomi yang semakin dekat. Lalu, kita akan menjadi bangsa pecundang yang menjadi penonton hebatnya bangsa lain dalam menghadapi persoalan dan membangun peradaban.

Kemampuan untuk memilih strategi sembari berharap pada imunisasi buatan adalah langkah kunci yang jadi penentu hasil akhir pertempuran kita melawan pandemi. Bersiap jadi pemenang atau jadi pecundang yang tentu sangat tidak kita harapkan.

(bmm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2414 seconds (0.1#10.140)