Gatot Nurmantyo Punya Modal Sosial Bertarung di Pilpres 2024

Kamis, 08 Oktober 2020 - 10:29 WIB
loading...
Gatot Nurmantyo Punya Modal Sosial Bertarung di Pilpres 2024
Mantan Panglima TNI Jenderal TNI (Purn) Gatot Nurmantyo hadir dalam deklarasi Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) di Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat. Foto/SINDOnews/Isra Triansyah
A A A
JAKARTA - Analis politik asal UIN Jakarta Bakir Ihsan menilai, seluruh figur yang diprotret elektoralnya oleh publik akan memiliki kans yang sama untuk bertarung di Pilpres 2024 . Kans ini tak hanya berlaku bagi figur yang memiliki partai atau sebagai kader partai.

Bakir mengatakan, dari seluruh figur yang beredar, memang yang berlatar belakang parpol maupun kepala daerah masih mendominasi persepsi publik. Namun, potensi figur lain juga tak menutup kemungkinan bakal muncul, seperti mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo yang belakangan mencuri perhatian publik melalui 'manuver' dengan mengangkat isu kebangkitan PKI atau komunis.

"Kans selalu ada apabila mampu membaca dan menggunakan situasi dan menempatkan diri secara tepat di tengah dinamika (momentum) politik nasional," tutur Bakir saat dihubungi SINDOnews, Kamis (8/10/2020).

( Baca Juga: Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI)
Dosen FISIP UIN Jakarta ini melihat, berdasarkan fakta yang ada, soal peluang tergantung pada sosok itu sendiri. Artinya, figur dari parpol pun masih harus bersaing dari sisi elektoral.

( ).

"Dulu SBY ( Susilo Bambang Yudhoyono ) tidak punya partai, tapi karena ada peluang dengan SBY yang 'mendadak' fenomenal, ia bentuk partai dan merangkul partai-partai kecil, dan berhasil jadi presiden," pungkasnya.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1107 seconds (0.1#10.140)