Satgas Sebut Ada 106 Hotel di 7 Provinsi Prioritas Sediakan Kamar Isolasi Mandiri

loading...
Satgas Sebut Ada 106 Hotel di 7 Provinsi Prioritas Sediakan Kamar Isolasi Mandiri
Jubir Pemerintah untuk Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito mengatakan pemerintah telah bekerja sama dengan PHRI untuk mendata hotel-hotel bintang 2 dan 3 di provinsi-provinsi prioritas. Foto/BNPB
A+ A-
JAKARTA - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito mengatakan pemerintah telah bekerja sama dengan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) untuk mendata hotel-hotel bintang 2 dan 3 di provinsi-provinsi prioritas. Hotel-hotel tersebut nantinya akan digunakan untuk isolasi mandiri.

“Dan per tanggal 22 September kami sudah mengidentifikasi beberapa hotel untuk kepentingan tersebut,” ujarnya saat konferensi pers di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (24/9/2020). (Baca juga: Satgas: Vaksin Tidak Bisa Dijadikan Tumpuan Atasi Pandemi COVID-19)

Dari data yang dikumpulkan terdapat 106 hotel yang menyediakan kamar isolasi mandiri di tujuh provinsi. Di antaranya di Provinsi Sumatera Utara terdapat 6 hotel dengan jumlah 449. “Dan ini bisa bertambah lagi sesuai dengan kebutuhan,” ucapnya.

Kemudian Jawa Barat terdapat 17 hotel dan jumlah kamar 949 pada saat ini. Lalu di DKI Jakarta ada 31 hotel dengan jumlah kamar 4.116. Jawa Timur ada 16 hotel dengan jumlah kamar 2.160.



"Di Bali ada 10 hotel dan jumlah kamarnya adalah 1.559. Di Kalimantan Selatan ada 13 hotel dengan jumlah kamar 992. Sedangkan di Papua ada 13 hotel dengan jumlah kamar 1.797,” jelasnya.

Sementara itu, Satgas belum menyebutkan berapa jumlah hotel untuk isolasi mandiri di dua provinsi prioritas penanganan COVID-19 yakni Jawa Tengah dan Sulawesi Selatan. (Baca juga: Satgas Apresiasi Aturan KPU yang Larang Konser Saat Kampanye Pilkada)

“Jadi hotel dan jumlah kamar cukup memadai untuk kepentingan mendukung isolasi mandiri. Dan ini atas kerja sama pemerintah pusat dengan PHRI dan pemerintah daerah. Sehingga masyarakat yang memerlukan isolasi mandiri dapat tertangani dengan baik di fasilitas tersebut,” pungkasnya.
(kri)
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video
Top