Regenerasi Jabodetabek di Tengah Pandemi

Jum'at, 11 September 2020 - 06:48 WIB
loading...
A A A
Perencanaan pengembangan kota harus didukung peningkatan anggaran infrastruktur serta transfer dana ke pusat dan daerah bodetabek. Cakupan kualitas layanan dasar dialokasikan dalam anggaran pendidikan, kesehatan, perlindungan sosial, subsidi energi dan non-energi, serta asuransi bencana dan aset negara.

Keempat, penghuni kota/kabupaten Bodetabek yang mayoritas masih bepergian kerja ke Jakarta. Karena keterbatasan ekonomi mereka terpaksa memilih tinggal di pinggiran hingga keluar kota tetangga Jakarta. Ada yang terpaksa berjejalan di ruang tunggu dan di dalam angkutan umum di pagi dan sore hari untuk berangkat dan pulang kerja setiap hari yang membuatnya rentan terinfeksi virus korona.

Untuk mengurangi penyebaran virus korona di kluster perkantoran, pemerintah dapat mendorong kepada pengelola perkantoran yang operasionalnya bisa dilakukan penuh dari rumah, pemerintah dapat memberikan insentif berupa pemotongan pajak bumi bangunan, keringanan pembayaran listrik dan air bersih, serta bantuan sosial langsung untuk petugas keamanan dan kebersihannya.

Kelima, fokus pengembangan wilayah Jabdetabekpunjur harus berbasis pada pendekatan ekologis bukan ekonomi lagi, serta pendekatan kesehatan perkotaan. Percepatan pemulihan ekonomi harus diawal dengan upaya perbaikan lingkungan perumahan yang sehat dan hijau. Rumah telah mengambil fungsi peran kota sebagai tempat kegiatan belajar, bekerja, belanja, hingga beribadah di rumah.

Lingkungan perumahan dan rumah yang sehat akan membuat warga sehat tidak mudah terinfeksi virus korona. Warga sehat dan bugar akan lebih produktif, kreatif, dan inovatif dalam belajar, berkerja, dan belanja di tengah pandemi. Produktivitas warga yang meningkat akan berdampak pada percepatan pemulihan ekonomi masyarakat. Pada akhirnya, pertumbuhan kota harus dapat meningkatkan taraf kehidupan, kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.
(ras)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0750 seconds (0.1#10.140)