Secara Elektoral Keberadaan Amien Rais di PAN Kurang Membanggakan

Rabu, 11 Maret 2020 - 16:02 WIB
Secara Elektoral Keberadaan Amien Rais di PAN Kurang Membanggakan
Secara Elektoral Keberadaan Amien Rais di PAN Kurang Membanggakan
A A A
JAKARTA - Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) telah mengesahkan kepengurusan Partai Amanat Nasional (PAN) periode 2020-2025 dengan Ketua Umum Zulkifli Hasan. Menariknya, kepengurusan baru itu tak memasukkan Amien Rais sebagai Ketua Dewan Kehormatan Partai yang selama ini menjadi miliknya.

Analis Politik asal UIN Jakarta, Bakir Ihsan menilai kepengurusan baru itu ingin keluar dari bayang-bayang dan pengaruh Amien Rais. (Baca juga: Kubu Zulhas Yakin Amien Rais Tak Mungkin Bentuk PAN Reformasi )

"PAN selama ini dengan Amien Rais secara elektoral tidak terlalu membanggakan, bahkan ada kecenderungan perolehan suaranya cenderung stagnan kadang turun," ujar Bakir saat dihubungi SINDOnews, Rabu (11/3/2020).

Bakir menganggap secara organisasi kepartaian keberadaan tokoh kurang efektif dalam distribusi dan regenerasi kader partai yang egaliter. Sehingga, pengaruh Amien selama ini dianggap juga menghambat perolehan suara partai.

"Pada titik yang lain, keberadaan tokoh sentral dalam partai politik, bisa mengarah pada personifikasi yang bisa menghambat pengembangan partai politik," katanya. (Baca juga: Amien Rais Tak Masuk Struktur PAN, Kubu Mulfachri Mengaku Tak Kecewa )
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6567 seconds (0.1#10.140)