Pemerintah Siapkan 136 Rumah Sakit Rujukan Corona

Selasa, 03 Maret 2020 - 15:32 WIB
Pemerintah Siapkan 136 Rumah Sakit Rujukan Corona
Pemerintah Siapkan 136 Rumah Sakit Rujukan Corona
A A A
JAKARTA - Juru Bicara Pemerintah terkait penanganan virus Corona, Achmad Yurianto menegaskan tidak ada istilah rumah sakit (RS) khusus Corona seperti yang dilakukan oleh Pemerintah China.

"Kita sudah bangun RS by system. kita siapkan RS yang berjenjang," ujar Yurianto di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (3/3/2020). (Baca juga: Cegah Corona, Imam Besar Masjid Istiqlal Ajak Rajin Berwudhu dan Jangan Panik )

Menurut Yuri, sapaan akrabnya, mengacu pada layanan RS umum, pihaknya menyiapkan 14 RS rujukan nasional dan 50 RS rujukan provinsi dan regional.

"Khusus penyakit tertentu, kita menunjuk 100 RS. Konteks corona, kita kasih 136 RS. Jadi jangan persepsikan bangun RS. Tapi kalau mau disiapkan, sarana prasarana disiapkan untuk menghadapi covid," jelasnya.

Adapun terkait dengan info RS khusus Corona di Pulau Galang, Yuri menegaskan, RS itu untuk penanganan integrasi penduduk yang tinggal di perbatasan. Menurutnya, di Pulau Galang sendiri sudah terbangun RSUD sehingga warga yang diduga 'suspect' Corona bisa dirujuk ke sana.

"Sudah ada itu (RSUD). Bukan sekarang belum ada, karena belum dibangun," tandasnya. (Baca juga: Virus Corona, Keuskupan Agung Imbau Umat Kristiani Tetap Ibadah di Gereja )
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8885 seconds (0.1#10.140)