alexametrics

Kontroversi Pernyataan Agama Musuh Pancasila

Syarief Hasan Nilai Pernyataan Kepala BPIP Keliru

loading...
Syarief Hasan Nilai Pernyataan Kepala BPIP Keliru
Wakil Ketua MPR Syarief Hasan menyesalkan peryataan Ketua BPIP Yudian Wahyudi, yang menyebut Agama sebagai musuh terbesar Pancasila. Foto/Ilustrasi/SINDOphoto
A+ A-
JAKARTA - Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Syarief Hasan menyesalkan peryataan Ketua Badan Penguatan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi, yang menyebut Agama sebagai musuh terbesar Pancasila.

(Baca juga: Dibanjiri Protes, Kepala BPIP Klarifikasi 'Agama Musuh Terbesar Pancasila')

Menurut dia apa yang disampaikan Yudian adalah suatu hal yang keliru. Sebab kata dia, Pancasila merupakan pelengkap dalam menjalankan ritus keagamaan bagi masyarakat Indonesia yang beragam.

"Saya pikir itu adalah pamdangan yang keliru. Pancasila itu tidak bertentangan dengan agama, pancasila itu tidak memusuhi agama bahkan pengalaman selama ini kita berbangsa, pancasila itu melengkapi dari pada agama masing-masing di dalam bagaimana kita melakukan hak dan kewajiban kita dalam bernegara," kata Syarief di kantor Gubernur Bali, Jumat (14/2/2020).



Selanjutnya, dia menambahkan, sejak dulu hingga kini dan sampai kapanpun agama tidak pernah memusuhi Pancasila. Agama dan Pancasila tidak saling bertentangan. Karena itu agama tidak mungkin menjadi musuh Pancasila.

"Kalau benar pendapat tersebut disampaikan Ketua BPIB, maka pendapat tersebut perlu di luruskan. Sejak dulu agama tidak pernah bertentangan dengan Pancaaila, apalagi sampai menjadi musuhnya," ujar Syarief.
(maf)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak