Menkes Pastikan Ratusan WNI dari Wuhan Sehat

Sabtu, 01 Februari 2020 - 14:41 WIB
Menkes Pastikan Ratusan WNI dari Wuhan Sehat
Menkes Pastikan Ratusan WNI dari Wuhan Sehat
A A A
JAKARTA - Sebanyak 245 Warga Negara Indonesia (WNI) akan dievakuasi dari Wuhan, China. Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto memastikan para WNI yang akan dievakuasi itu tidak terinfeksi virus Corona. (Baca juga: Ini Jadwal Evakuasi WNI dari Wuhan ke Batam)

"Bahwa warga negara kita yang kita bawa pulang adalah warga negara Indonesia yang sehat," ujar Terawan dalam jumpa pers di VIP Room Terminal 1 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu (1/2/2020). (Baca juga: WNI yang Dievakuasi dari Wuhan Bakal Diisolasi di Natuna)

Sebab, para WNI yang akan dievakuasi itu sudah menjalani screening dan hearing di China. "Nanti akan kita lakukan namanya adalah transit observasi sesuai protokol WHO (World Health Organization)," ungkapnya. (Baca juga: 42 Orang Tim Evakuasi WNI Diberangkatkan ke Wuhan)

Dia mengatakan, observasi itu membutuhkan kedisiplinan. "Protokol mengobservasi ini mengobservasi orang yang sehat, bukan orang yang sakit. Karena itu, protokol yang diberikan harus dijalankan dengan disiplin," ujarnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, para WNI dari Wuhan China itu akan terus dipantau dan diperiksa kesehatannya. "Saya yakin doa dan restu seluruh bangsa Indonesia ini semua akan kerja dengan baik, yang menjemput sehat, yang juga dijemput juga tetap sehat," katanya.
(cip)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6058 seconds (0.1#10.140)