Jika Masuk Kabinet, Hadi Tjahjanto Bisa Masuk Kementerian Ini

Minggu, 07 November 2021 - 13:51 WIB
loading...
Jika Masuk Kabinet, Hadi Tjahjanto Bisa Masuk Kementerian Ini
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto diyakini akan ditempatkan pada jabatan strategis setelah pensiun. Sejumlah capaian telah ditorehkan Hadi selama menjadi pimpinan TNI. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Isu terkait reshuffle Kabinet Indonesia Maju semakin gencar berembus. Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto yang akan pensiun menjadi salah satu nama yang diisukan masuk ke kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin.

Pengamat Politik Sekaligus Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago yakin setelah purna tugas, Hadi Tjahjanto akan ditempatkan pada jabatan strategis. Sejumlah capaian telah ditorehkan Hadi selama menjadi pimpinan TNI. Hadi telah mempu mengamankan sejumlah kegiatan besar Jokowi dan sukses membantu percepatan vaksinasi Covid-19.

"Saya menyakini Marsekal Hadi yang lagi nonjob bakal diakomodir Jokowi apakah menteri atau jabatan strategis lainnya," kata Pangi kepada MNC Portal, Minggu (7/11/2021).

Baca juga: Moeldoko Sarankan Hadi Tjahjanto Tak Perlu Buru-Buru Masuk Kabinet Jokowi Setelah Pensiun

Dia berpendapat jika nanti Hadi masuk dalan struktural pemerintahan, dia akan lebih tepat masuk dalam kementerian yang berkaitan dengan ketahanan negara. "Bisa ditempatkan Menko Polhukam atau Menteri ertahanan," katanya.

Dia menilai tantangan Jokowi saat ini sudah sangat berat. Jika Jokowi salah mengambil menteri, maka sama saja bunuh diri bagi pemerintahannya. Jokowi harus penuh berhati-hati dalam merekrut pembantunya jika palang pintu reshuffle dibuka.

Saat ini periode kedua pemerintahan Jokowi lebih fokus pada kinerja ketimbang citra untuk dapat meninggalkan legacy yang dapat dikenang dan menjadi sejarah di kemudian hari. "Jangan an-sich mengakomodir, merepresentasikan kepentingan politik bagi-bagi kue kekuasaan semata, hasil kerja menteri dari akomodir parpol, hasil sangat tidak memuaskan presiden Jokowi," katanya.

Baca juga: Komisi I DPR Setujui Pemberhentian dengan Hormat Panglima TNI Hadi Tjahjanto
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2535 seconds (0.1#10.140)