Infrastruktur Pulau Jawa Siap Digunakan Libur Natal dan Tahun Baru

Rabu, 11 Desember 2019 - 22:40 WIB
Infrastruktur Pulau Jawa Siap Digunakan Libur Natal dan Tahun Baru
Infrastruktur Pulau Jawa Siap Digunakan Libur Natal dan Tahun Baru
A A A
JAKARTA - Kepala Korps Lalu Lintas ( Kakorlantas ) Polri Irjen Pol Istiono bersama jajarannya memantau kesiapan arus lalu lintas jelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Pengecekan tersebut dilakukan di sepanjang Tol Trans-Jawa .

Dari pemantauan yang dilakukan selama tiga hari sejak Senin 9 Desember 2019, Istiono menyimpulkan bahwa infrastruktur jalan dari ujung barat hingga timur Pulau Jawa siap digunakan masyarakat mengisi liburan natal dan tahun baru 2020. (Baca juga: Jelang Natal dan Tahun Baru, Polri Siap Gelar Operasi Lilin)

"Saya lihat kesiapan polda dari Polda Jabar, Jateng, dan Jatim, kita lihat hari ini infrastruktur sudah siap semuanya," ujar Istiono dalam keterangan tertulisnya, Rabu (11/12/2019).

Menurut dia, koordinasi antar-stakeholder untuk mempersiapkan arus mudik dan balik liburNatarusudah berjalan bagus. Titik-titik kemacetan di sepanjang jalur Pulau Jawa juga telah diantisipasi dengan baik.

"Kemudian lokasi wisata, pelabuhan, dan sentra ekonomi telah ditata dan di-manage dengan bagus. Saya optimistis dengan kesiapan wilayah ini untuk memberikan pelayanan terbaik," tuturnya. (Baca juga: Amankan Natal dan Tahun Baru, Korlantas Siagakan 160.000 Personel)

Melihat persiapan kepolisian dan stakeholder terkait di seluruh wilayah, jenderal bintang dua itu optimistis angka kecelakaan lalu lintas pada liburNatarutahun ini akan menurun. "Target penurunannya paling tidak 10-20 persen lah, turun," ucap Istiono.

Lebih lanjut, pihaknya akan memberlakukan pembatasan kendaraan besar selama arus mudik dan balik libur Nataru. Pembatasan kendaraan itu dilakukan untuk meminimalisasi kemacetan dan kecelakaan lalu lintas.

"Pembatasan (kendaraan berat) rencananya tanggal 21, 22, dan 25 Desember," kata Istiono.
(shf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.2992 seconds (0.1#10.140)