Kemendagri-Kemenkes Beri Penghargaan 177 Kabupaten dan Kota Sehat

Selasa, 19 November 2019 - 15:47 WIB
Kemendagri-Kemenkes Beri Penghargaan 177 Kabupaten dan Kota Sehat
Kemendagri-Kemenkes Beri Penghargaan 177 Kabupaten dan Kota Sehat
A A A
JAKARTA - Sejumlah kabupaten dan kota sehat diganjar penghargaan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri)-Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Penghargaan Swasti Saba tersebut diberikan kepada daerah-daerah yang berkomitmen dan berhasil menjadikan kabupaten dan kota Sehat 2019.

“Jadi hari ini salah satu program dari kemendagri berkerja sama dengan menteri kesehatan itu adalah memberikan penghargaan kepada kabupaten dan kota yang dianggap sehat dan sejahtera, terutama sehat,” kata Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian di Sasana Bhakti Praja Kemendagri, Selasa (19/11/2019).

Penghargaan tersebut diberikan kepada 177 Kabupaten/Kota yang telah lolos verifikasi dokumen dan verifikasi lapangan. Lalu 6 provinsi sebagai tim pembina provinsi, dan 3 orang sebagai influencer yang berdedikasi dalam penyelenggaraan kabupaten/kota sehat di tingkat provinsi.

Tito menyebut ada beberapa variabel yang digunakan untuk mengukur kabupaten dan kota yang dinilai sehat. Mulai dari kebersihan, pelayanan kesehatan, jumlah dokter, program penanganan stunting sampai penuntasan masalah kelaparan.

“Saya lihat kalau ini program bagus, acara bagus karena ini pararel dengan kebijakan Pak Presiden, dalam rangka membangun SDM lima tahun ke depan,” ungkapnya.

Tito menekankan pentingnya aspek preventif dalam membentuk kabupaten dan kota sehat. Misalnya penyediaan fasilitas olahraga dan menjaga wilayah tetap bersih.

“Lebih dipentingkan aspek preventif. Ini mengenai kesediaan lapangan olahraga, taman, kesediaan kebersihan kota. Jangan sampai sampah berantakan dimana mana, ruang publik terutama gedung-gedung, toiletnya bersih. Ini menjadi ukuran,” tuturnya.

Lebih lanjut Tito mengatakan ke depan perlu dibuat ranking kabupaten dan kota sehat. Dia mengatakan dengan begitu dapat memacu daerah untuk berlomba-lomba menjadikan wilayahnya semakin sehat. “Buat ranking dari nomor satu yang paling sehat sampai yang paling tidak sehat. Sehingga ini bisa memacu,” tuturnya.

Sementara itu, Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto mengapresiasi daerah yang menerima penghargaan Swasti Saba. ”Saya ingin mengapresiasi dan memberikan penghargaan kepada enam gubernur dan 177 bupati dan wali kota yang telah menyelenggarakan kabupaten dan kota sehat,” ungkapnya.

Terawan menilai kabupaten dan kota sehat memiliki peran penting dalam mewujudkan visi misi presiden dalam pembangunan sumber daya manusia. Salah satunya adalah penurunan stunting.

“Angka stunting sudah turun dari 37,2% di 2013 menjadi 27,67% di 2019. Dalam kurun waktu enam tahun. Untuk percepatan penurunan angka stunting maka penyelenggaraan kabupaten dan kota sehat menjadi sangat penting,” tuturnya.
(cip)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4314 seconds (0.1#10.140)