Jabatan Apa pun yang Diemban, Milenial Harus Punya Integritas

Sabtu, 02 Mei 2020 - 11:09 WIB
loading...
Jabatan Apa pun yang Diemban, Milenial Harus Punya Integritas
November 2019 lalu semua mata tertuju kepada tujuh anak muda yang ditunjuk Presiden Joko Widodo untuk menjadi staf khusus presiden. Foto/Antara
A A A
JAKARTA - Tidak ada prestasi diraih dengan instan. Satu detik penampilan adalah hasil tahun demi tahun latihan. Satu tahun pencapaian adalah hasil detik demi detik perjuangan.

November 2019 lalu semua mata tertuju kepada tujuh anak muda yang ditunjuk Presiden Joko Widodo untuk menjadi staf khusus presiden.

Saat itu, tiba-tiba saja mereka menjadi idola baru. Dianggap sebagai sebuah ikon kesuksesan milenial. Mereka orang-orang muda yang dianggap berprestasi mempunyai perusahaan rintisan ataupun gerakan positif semisal Ruangguru.

Maka, tidak salah jika muncul anggapan bahwa perubahan besar dalam sebuah negara atau bangsa dimulai dari kalangan muda.

Namun, tidak selamanya yang berkilau itu berlian. Ungkapan tersebut mungkin bisa saja diperuntukkan bagi sebagian dari mereka. Sebab, kini, pandangan masyarakat berubah setelah proyek program Prakerja milik pemerintah menunjuk langsung Ruangguru sebagai aplikatornya.

Beragam tanggapan atas penunjukan Ruangguru sebagai aplikator dari proyek program kerja pemerintah. Billy Boen Founder & CEO Young On Top mengatakan menjadi generasi milenial bukan sekadar berprestasi lalu ke Istana Negara dan bekerja bersama presiden.

Anak muda sangat bebas memilih menjadi apa pun yang mereka inginkan asal memiliki integritas tinggi dengan pekerjaan mereka. “Tidak harus dekat dengan pemerintah. Tidak juga harus masuk partai politik. Apapun yang mereka kerjakan, membawa nama harum Indonesia atau tidak, selama mereka melakukannya dengan integritas, itulah generasi milenial yang dibutuhkan bangsa,” ujarnya.

Ketekunan bisa membuat yang tidak mungkin menjadi mungkin dan membuat kemungkinan menjadi kemungkinan besar.

Sebuah profesi atau prestasi seseorang tidak selamanya menjadi tolak ukur generasi terbaik. Anak mudah arus memiliki wawasan luas dan mau terus belajar serta mencoba hal baru.

Dia mencontohkan seorang dokter atau perawat yang melakukan tugasnya dengan baik yang mempunyai niat tulus membantu sesama tentunya termasuk sebagai generasi muda hebat masa kini yang cinta Tanah Air.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6321 seconds (0.1#10.140)