Dirjen Dukcapil Dorong Percepatan Transformasi terkait Pembangunan Daerah

Rabu, 11 September 2024 - 19:10 WIB
loading...
Dirjen Dukcapil Dorong...
Kemendagri melalui Dirjen Dukcapil Teguh Setyabudi menegaskan, komitmen pemerintah mendorong percepatan transformasi digital dengan pembangunan di daerah. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Dirjen Dukcapil, Teguh Setyabudi menegaskan, komitmen pemerintah mendorong percepatan transformasi digital yang selaras dengan pembangunan di daerah . Sejumlah dasar hukum telah diterbitkan mulai dari undang-undang, peraturan pemerintah, peraturan presiden, hingga peraturan menteri.

Hal ini disampaikan Dirjen Teguh Setyabudi dalam acara Peluncuran Hasil Pengukuran Indeks Masyarakat Digital Indonesia (IMDI) 2024, di Jakarta, Selasa 10 September 2024.

Dirjen Teguh menekankan, pembangunan daerah adalah bagian integral dari pembangunan nasional. Upaya yang dilakukan tidak hanya bertujuan meningkatkan pendapatan masyarakat dan memperluas lapangan kerja, tetapi juga memperbaiki akses dan kualitas pelayanan publik melalui adopsi teknologi digital.

"Transformasi digital diharapkan mempercepat peningkatan tata kelola pelayanan publik dan memperkuat ekonomi digital di tingkat lokal," kata Dirjen Teguh dalam keterangannya, Rabu (11/9/2024).



Mantan Dirjen Bina Pembangunan Daerah ini menjelaskan, kolaborasi lintas sektor, termasuk dengan pemangku kepentingan seperti sektor swasta dan masyarakat, sangat penting untuk keberhasilan percepatan transformasi digital ini.

"Keterlibatan semua pihak, baik pemerintah, swasta, maupun masyarakat, menjadi kunci sukses dalam mewujudkan visi transformasi digital yang komprehensif," ucap Teguh.

Teguh memaparkan, pencapaian penting IMDI 2024, yang mencatatkan Indeks SPBE di tingkat daerah mencapai 2,70 yang masuk dalam kategori "Baik".

Namun ia menekankan, masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk memperluas literasi digital dan memastikan seluruh masyarakat dapat mengakses layanan digital dengan mudah.

"Nilai IMDI 43,18 persen adalah langkah maju, namun kita harus lebih berambisi dalam meningkatkan infrastruktur dan keterampilan digital di semua wilayah," ungkapnya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1097 seconds (0.1#10.140)