Ketum TP PKK Tegaskan Sekarang Waktunya Bertindak Nyata Bantu Masyarakat

Rabu, 26 Agustus 2020 - 19:17 WIB
loading...
Ketum TP PKK Tegaskan Sekarang Waktunya Bertindak Nyata Bantu Masyarakat
Ketua Umum (Ketum) TP PKK Tri Tito Karnavian saat kegiatan Gebrak Masker se-Provinsi Jambi, Rabu (26/8/2020). Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Program Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Gebrak Masker adalah tindakan nyata dari kader PKK kepada masyarakat. Sebuah program yang diinisiasi oleh Tim Penggerak PKK untuk ikut terlibat langsung dalam penanganan dan penanggulangan pandemi virus Corona (Covid-19), khususnya dalam gerakan pembagian masker dan sosialisasi protokol kesehatan.

(Baca juga: Ketua KPU Klaim Semua SDM Penyelenggara Pilkada Aman dari Covid-19)

Demikian ditegaskan Ketua Umum (Ketum) TP PKK Tri Tito Karnavian saat memberi sambutan pada kegiatan Launching Gerakan Bersama Pakai Masker (Gebrak Masker) Se-Provinsi Jambi di Rumah Dinas Gubernur Jambi, Jambi, Rabu (26/8/2020).

Acara itu juga dihadiri Ketua TP PKK Provinsi Jambi dan para Ketua TP PKK Kabupaten dan Kota se- Provinsi Jambi. Menurut Tri Tito, sudah banyak orang tahu bahaya dan pola penyebaran Covid-19 Sekarang saatnya untuk bertindak nyata kepada masyarakat. Ikut membangun budaya biasa pakai masker di tengah pandemi Covid-19.

"Saya mungkin tidak perlu menjelaskan bagaimana bahaya dan cara penyebaran Covid-19, sekarang adalah saatnya kita bertindak nyata. Bertindak nyata kepada masyarakat sekitar kita," kata Tri Tito.

(Baca juga: Calon Kepala Daerah 2020 Wajib Tes Swab Bebas Covid-19)

Tri yakin, para kader PKK di Jambi sudah paham apa itu Corona, dan bagaimana cara pencegahan agar terhindar dari paparan virus tersebut. Dan, paham bagaimana mensosialisasikan protokol kesehatan untuk mencegah penularan virus. Sebab Coorna ini menyerang manusia tidak mengenal siapa pun orangnya.

"Virus ini menyerang tidak mengenal usia, jenis kelamin, pangkat dan lingkungan. Virus ini hanya mengenal orang yang tidak pakai masker. Orang yang tidak pakai masker akan sangat dikenali oleh virus. Artinya rentan terpapar virus," jelasnya.

Dia menjelaskan, jika virus ini gampang menular melalui rongga pernafasan. Bahkan orang yang sudah pakai masker pun bisa saja tertular jika ternyata tangannya memegang barang yang telah dihinggapi virus lalu dia memegang mata, hidung atau mulut.

"Maka masker menjadi salah satu pertahanan penting mencegah masuknya virus. Selain, rajin mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer dan menjaga jarak. Dalam konteks ini PKK Gebrak Masker diluncurkan. Dan dalam konteks ini pula para kader PKK dilibatkan," ucapnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1146 seconds (0.1#10.140)