Daftar Komjen Polisi Asal Surabaya, Nomor 2 Dijagokan Jadi Calon Gubernur Jawa Tengah

Jum'at, 23 Agustus 2024 - 08:28 WIB
loading...
A A A
Tidak hanya itu, alumni Sekolah Staf dan Pimpinan Polri (Sespim) 2007 ini kemudian mendapatkan amanah untuk mengemban jabatan sebagai Kapusdalops Polda Lampung, Kabag Strabang Biro Rena Polda Lampung, Kasat Tipikor Ditreskrim Polda Lampung.

Lama bertugas di Polda Lampung, dia kemudian dimutasi menjadi Kasat Tipikor Polda Papua, kemudian Kapolres Teluk Wandawa, Kapolres Biak Numfor pada 2009. Kariernya di Korps Bhayangkara terus meningkat, dia kemudian diangkat menjadi Wadirreskrim Polda Papua hingga Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Papua.

Dari Papua, dia kemudian ditarik ke Mabes Polri menjadi Penyidik Utama Biro Wassidik Bareskrim Polri, kemudian dimutasi Penyidik Eksekutif Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Suami dari Henny Setyobudi ini lalu diangkat menjadi Analis Kebijakan Utama Bidang Tindak Pidana Ekonomi Dan Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri.

Kariernya semakin cemerlang ketika dipercaya menjadi Koordinator Supervisi Kedeputian Penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hingga Direktur Penyidikan KPK. Pengalamannya di lembaga antirasuah inilah yang di kemudian hari mengantarkannya menjadi pejabat penting di Kementerian Pertanian.

Dari KPK, dia kembali ke institusi Polri dengan menjabat sebagai Kapolda Nusa Tenggara Timur (NTT) pada 2021. Setahun kemudian, lulusan Sekolah Staf dan Pimpinan Tinggi (Sespimti) Polri 2017 diangkat menjadi Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) pada 2022 sebelum akhirnya ditarik kembali ke Mabes Polri sebagai Pati Itwasum Polri pada 2024.

Belum lama menduduki jabatan tersebut, dia kemudian dipercaya menjadi Irjen Kementerian Pertanian sejak 22 Maret 2024 hingga sekarang. Penugasan di luar institusi Polri ini bertujuan untuk mengembalikan kepercayaan publik dan nama baik Kementan.

2. Komjen Pol Ahmad Luthfi

Daftar Komjen Polisi Asal Surabaya, Nomor 2 Dijagokan Jadi Calon Gubernur Jawa Tengah


Pati Polri berikutnya yang berpangkat Komjen kelahiran Surabaya, Jawa Timur adalah Ahmad Luthfi. Dia baru saja ditunjuk sebagai Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Perdagangan (Kemendag) dalam daftar mutasi Polri akhir Juli 2024. Mantan Kapolda Jawa Tengah itu menggantikan Veri Anggrijono.

Promosi jabatan sebagai Irjen Kemendag yang diterima Ahmad Luthfi tertuang dalam Surat Telegram Kapolri Nomor ST 1554/VII/KEP/2024. Atas promosi itu, pangkatnya tembus jenderal bintang 3, naik dari Irjen Pol menjadi Komjen Pol.

Luthfi gabung ke Korps Bhayangkara lewat Sekolah Perwira (Sepa) Militer Sukarela (Milsuk) Polri pada 1989 yang berpengalaman dalam bidang intelijen keamanan. Pria yang lahir pasa 22 November 1966 itu cukup lama bertugas di Jateng.

Ia pernah menjabat sebagai Kapolres Batang pada 2008, kemudian Wadir Intelkam Polda Jateng pada 2010. Dia sempat berinteraksi dengan Presiden Jokowi saat diangkat menjadi Wakapolresta Surakarta pada 2011. Waktu itu, Jokowi masih menjabat sebagai Wali Kota Solo sebelum hijrah ke Jakarta menjadi Gubernur DKI Jakarta.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1313 seconds (0.1#10.140)