Daftar Komjen Polisi Asal Surabaya, Nomor 2 Dijagokan Jadi Calon Gubernur Jawa Tengah

Jum'at, 23 Agustus 2024 - 08:28 WIB
loading...
Daftar Komjen Polisi...
Komjen Pol Ahmad Luthfi merupakan Pati Polri kelahiran Surabaya, Jawa Timur yang dijagokan jadi Calon Gubernur Jawa tengah. Foto/SINDOnews/Ahmad Antoni
A A A
JAKARTA - Sebanyak dua Perwira Tinggi (Pati) Polri berpangkat Komjen Pol alias jenderal bintang tiga merupakan kelahiran Surabaya , Jawa Timur. Mereka tercatat menduduki posisi strategis di luar institusi Korps Bhayangkara.

Sekadar informasi, Komjen merupakan singkatan dari Komisaris Jenderal, pangkat bagi segelintir Pati Polri yang memiliki prestasi mumpuni. Pangkat ini ditandai dengan simbol 3 bintang di pundak seragam kepolisiannya.



Saat ini hanya 16 Pati yang menyandang pangkat tersebut. Tujuh orang bertugas di dalam institusi Polri, sedangkan 9 orang sisanya di luar organisasi kepolisian, seperti badan atau lembaga negara.

Termuda merupakan jebolan Akpol tahun 1993, sementara yang paling senior adalah jebolan tahun 1988. Dua di antaranya merupakan kelahiran Surabaya.

Daftar Komjen Polisi Asal Surabaya

1. Komjen Pol Setyo Budiyanto

Daftar Komjen Polisi Asal Surabaya, Nomor 2 Dijagokan Jadi Calon Gubernur Jawa Tengah


Setyo Budiyanto merupakan Pati Polri berpangkat Komjen Polisi yang merupakan kelahiran Surabaya Jawa Timur. Pria yang lahir pada 29 Juni 1967 itu saat ini menjabat sebagai Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Pertanian (Kementan)

Dia merupakan salah satu Pati Polri yang mendapatkan kenaikan pangkat menjadi Komjen Polisi karena menduduki jabatan baru di awal 2024. Setyo Budiyanto yang sebelumnya menjabat sebagai Pati Itwasum Polri ini mendapat promosi jabatan menjadi Irjen Kementan pada 22 Maret 2024 lalu.

Kenaikan pangkat itu berdasarkan Surat Telegram Nomor: STR/817/III/KEP./2024 Tentang Kenaikan Pangkat Reguler Pati Polri dan Nomor: STR/818/III/KEP./2024 tentang Kenaikan Pangkat Pengabdian Pati Polri.

Setyo Budiyanto tercatat memiliki karier cemerlang. Lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 1989 yang berpengalaman di bidang reserse itu mengawali kariernya sebagai Kanit Harda Sat Serse Poltabes Ujung Pandang, kemudian Kasat Serse Polres Jeneponto, Kasubbag Opsnal Bagian Sersetik, dan Kapolsekta Wajo Poltabes Ujung Pandang.

Lulusan Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) pada 1999 ini kemudian dipercaya menjadi Kabag Serse Ekonomi Polda Lampung, Kabag Serse Narkoba Polda Lampung, Wakapolres Lampung Utara, Kabag Ops Poltabes Bandar Lampung.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1400 seconds (0.1#10.140)