Membumikan 4 Bingkai Kerukunan sebagai Pilar Kekuatan Bangsa

Selasa, 06 Agustus 2024 - 16:20 WIB
loading...
A A A
Dalam implementasinya, empat pilar kerukunan membutuhkan kepastian hukum agar dapat mengikat seluruh komponen bangsa. Dalam konteks regulasi, Peraturan Bersama Menteri nomor 8 dan 9 tahun 2006, yang membahas pendirian rumah ibadah dan kerukunan umat beragama.

"Meskipun regulasi ini sudah ada dan berjalan cukup lama, masalah utamanya adalah penegakan hukum yang lemah. Penegakan hukum yang tegas dan adil sangat penting untuk memastikan bahwa hak beribadah dan keberagaman agama dihormati dan dilindungi," kata Ketua Lembaga Persahabatan Ormas Islam (LPOI) ini.

Kiai Anwar berharap agar masyarakat Indonesia lebih dewasa dalam menyikapi keragaman dan perbedaan. Pendidikan dan pemahaman yang mendalam tentang ajaran agama masing-masing sangat penting untuk menghindari kesalahpahaman dan konflik.

Selain itu, mantan anggota DPR RI periode 1997-2014 dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan ini menambahkan, peran organisasi-organisasi keagamaan dan Forum Komunikasi Umat Beragama harus ditingkatkan untuk memperkuat kerukunan dan mengatasi letupan-letupan kecil yang mungkin terjadi.

Tidak lupa pula, Kiai Anwar mengingatkan, integrasi empat bingkai kerukunan, yaitu aspek politis, yuridis, sosiologis, dan teologis, harus dijaga dan diperkuat. Dengan integrasi yang kuat, bangsa Indonesia dapat melawan radikalisme dan terorisme dengan efektif, serta menjaga kedamaian dan persatuan di tengah keberagaman.

Menurutnya, integrasi empat bingkai kerukunan sebagai pilar kekuatan bangsa adalah kunci untuk melawan radikalisme dan terorisme. Dengan pendekatan yang komprehensif dan sinergis antara aspek politis, yuridis, sosiologis, dan teologis, dapat membangun kontra narasi yang kuat dan efektif.

"Pendidikan, pemahaman agama yang mendalam, penegakan hukum yang tegas, dan penghargaan terhadap kearifan lokal adalah langkah-langkah penting untuk mencapai kerukunan Indonesia. Semoga dengan upaya bersama, bangsa kita dapat terus menjaga kedamaian dan kerukunan di tengah keberagaman," kata Anwar.
(abd)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1401 seconds (0.1#10.140)