Viral, Panglima TNI Dialog dengan Taruna Akmil Keturunan Prancis

Senin, 05 Agustus 2019 - 22:33 WIB
Viral, Panglima TNI Dialog dengan Taruna Akmil Keturunan Prancis
Viral, Panglima TNI Dialog dengan Taruna Akmil Keturunan Prancis
A A A
JAKARTA - Video Enzo Zenz Allie, taruna Akademi Militer (Akmil) TNI keturunan Prancis viral di media sosial setelah berdialog dengan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menggunakan bahasa Prancis, pada Jumat 2 Agustus 2019.

Dalam video yang diunggah di akun Instagram milik TNI Angkatan Darat (AD) itu nampak Panglima TNI yang memimpin sidang Pantukhir di Akmil, Magelang menghampiri anak pasangan dari Almarhum Jean Paul Francois Allie, warga negara Prancis dan Siti Hajah Tilaria asal Sumatera Utara (Sumut).

Dihadapan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa, Panglima TNI sempat mewawancarai remaja berusia 18 tahun tersebut. Menariknya, pertanyaan yang diajukan Panglima TNI menggunakan bahasa Prancis yang sangat fasih.

Tidak hanya bahasa Prancis, Panglima TNI juga sempat bertanya menggunakan Bahasa Indonesia.

Kamu pingin jadi apa? Tanya Panglima TNI

“Siap, infanteriKomando,” jawab Enzo tegas.

Masa kecil Enzo sekolah dasar di Perancis. Namun sejak ayahnya meninggal dunia pada 2012, Enzo kemudian dibawa pulang ibunya ke Indonesia dan sejak SMP sekolah di Indonesia dan sempat sekolah di salah satu Pesantren Serang, Banten.

Dari hasil tes Samapta, Enzo mampu melakukan pull up 19 kali, sit up 50 kali dan push up 50 kali masing-masing dalam waktu 60 detik. Bahkan Enzo mampuu berlari 7,5 putaran X 400 meter atau 3.000 meter dalam 12 menit, renang 50 meter dalam 60 detik.

Enzo dinyatakan lulus menjadi taruna Akmil Magelang oleh Panglima TNI. Bersama rekan satu angkatannya, Enzo akan mengikuti pendidikan Candradimuka mulai 6 Agustus sampai 30 Oktober 2019. Enzo menguasai empat bahasa asing yakni Bahasa Inggris, Prancis, Itali dan Arab.

Di akhir video tersebut, Enzo mengucapkan terima kasih kepada Panglima TNI. “Indonesia, Merah Putih tetap di dada,” kata Enzo didampingi keluarganya.
(cip)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.1936 seconds (0.1#10.140)