Modernisasi Pusdiklat STIN, BIN Siap Bertransformasi Jadi World Class Intelligence

Kamis, 01 Agustus 2024 - 13:22 WIB
loading...
A A A
”Ancaman biologis pada masa mendatang juga menjadi fokus perhatian BIN di bawah komando Budi Gunawan. Co­vid-19 yang menyerang hampir seluruh dunia termasuk Indonesia beberapa tahun lalu menjadi pembelajaran penting dan mendasari hadirnya medical intelligence center “wangsa avatara” yang diisi oleh tenaga-tenaga ahli dan professional, yang dilengkapi metode dan teknologi baru dan modern,” katanya.

BG menyebut, berbagai fasilitas yang terdapat pada Medical Intelligence juga sudah memenuhi standar Biosafety dan Biosecurity level dunia, yakni BSL Two dan BSL Three. Bahkan, berkat adanya pengembangan fasilitas tersebut, BIN menjadi lembaga intelijen yang turut andil dalam penanggulangan Covid-19 dengan melakukan vaksinasi dan pengembangan obat.

“BIN tak hanya berfokus pada operasi intelijen tapi juga berusaha mengembangkan kreativitas dan bakat generasi muda,” paparnya.

Pendirian Persatuan Olahraga Badan Intelijen Negara (PORBIN) merupakan upaya untuk mengembangkan talenta muda yang berbakat pada bidang olahraga. Dalam pelaksanaannya, PORBIN menggandeng atlet dalam negeri yang berprestasi.

“BIN juga membentuk Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) yang pertama kali diresmikan di Surabaya, dan selanjutnya di Kota Manado,” katanya.

Termasuk dengan menghadirkan Papua Youth Creative Hub (PYCH) di Papua dan segera diresmikan Aneuk Muda Aceh Unggul Hebat atau AMANAH Youth Creative Hub di Aceh. Keduanya bisa dimanfaatkan generasi muda sebagai pusat industri ekonomi dan kreativitas dalam pengembangan teknologi hingga memajukan produk-produk lokal pada daerah tersebut.

”Semua transformasi organisasi yang agile dan adaptif disertai modernisasi perangkat teknologi itu menjadi pondasi dasar dalam mewujudkan grand design BIN untuk menjadi world class intelligence dan menuju Indonesia Emas 2045,” katanya.
(cip)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1926 seconds (0.1#10.140)