Modernisasi Pusdiklat STIN, BIN Siap Bertransformasi Jadi World Class Intelligence

Kamis, 01 Agustus 2024 - 13:22 WIB
loading...
Modernisasi Pusdiklat...
Kepala BIN Jenderal Polisi (Purn) Budi Gunawan meresmikan modernisasi Pusdiklat Personel STIN di Sentul, Bogor, Jawa Barat. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Badan Intelijen Negara (BIN) meresmikan modernisasi Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Personel STIN di Sentul, Bogor, Jawa Barat. Modernisasi ini sebagai upaya menghadapi tantangan terkini serta masa mendatang.

Hal ini sesuai dengan arahan Kepala BIN Jenderal Polisi (Purn) Budi Gunawan dalam mewujudkan transformasi BIN sebagai World Class Intelligence Organization. Menurut Budi Gunawan, guna menjawab tantangan, BIN terus berupaya mengembangkan inovasi dalam mengembangkan organisasi.

“Melakukan investasi teknologi dan menguatkan sumber daya manusia BIN, kerja keras dan dedikasi yang kita tunjukkan selama ini baik STIN maupun Pusdiklat, tentu harus diapresiasi,” katanya, Kamis (1/8/2024).



Jenderal purnawirawan yang akrab disapa BG ini menyebut, inovasi dan modernisasi mendorong semangat kerja yang profesional, produktif, tangguh, guna menjawab tantangan ke depan yang lebih percaya diri, sehingga semua berharap pusdiklat dapat menjadi world class intelligence training center.

Modernisasi Pusdiklat STIN, BIN Siap Bertransformasi Jadi World Class Intelligence


Selain Pusdiklat Personel STIN, kata BG panggilan akrabnya, inovasi juga dilakukan pada STIN sebagai sekolah kedinasan terkemuka yang dimiliki BIN. Beragam inovasi itu, antara lain dengan memperkuat posisinya sebagai lembaga pendidikan kedinasan satu-satunya yang mendapatkan akreditasi internasional, dari ACQUIN di Indonesia sebagai world class intelligence college.



“BIN sebagai pusat kendali dan komando telah berhasil meningkatkan kemampuan teknologi intelijen, melalui intelligence processing center, dengan pendekatan yang terpusat serta terkonfigurasi dengan berbagai perangkat termutakhir,” katanya.

Dia mencontohkan, jenis drone yang telah terkoneksi pada satelit maupun command center yang memiliki fleksibilitas dan kemampuan canggih dalam mengumpulkan data dan melakukan pemantauan. Tidak hanya lewat udara, pada kemampuan darat operasi intelijen, BIN memiliki kendaraan yang dapat memantau pada wilayah-wilayah strategis dan objek vital dalam operasi intelijen.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1164 seconds (0.1#10.140)