Isu Presidium Jelang Kongres IKA ITS: Kebutuhan Organisasi atau Gimmick Bagi-bagi Kursi?

Selasa, 16 Juli 2024 - 14:07 WIB
loading...
A A A
Model kepemimpinan kolektif kolegial yang diusulkan, meskipun mendatangkan angin surga perubahan, dalam praktiknya dapat menghadirkan tantangan yang tidak mudah, terutama dalam hal konsistensi dan kesinambungan program kerja. Kepemimpinan bergantian setiap periode yang hanya beberapa bulan berpotensi menyebabkan kurangnya kontinuitas dan stabilitas dalam implementasi program jangka panjang. Selain itu, pembagian tanggung jawab yang terlalu luas bisa mengakibatkan kebingungan dan tumpang tindih dalam pengambilan keputusan strategis.

Belum lagi kita melihat dinamika kepedulian, ragam, dan gap generasi serta kedewasaan berbagai motif kepentingan dan kepedulian anggota. Usulan tersebut malah bisa menjadi masalah baru dan konflik baru yang bisa menimbulkan perpecahan di komisariat jurusan maupun antarkomisariat jurusan serta pengurus wilayah, baik sebelum kongres, saat kongres dan sesudah kongres.

Dari dinamika yang ada selama ini, sudah ada banyak hal mendesak yang perlu kita tuntaskan dalam kongres nanti yang juga terbatas waktunya. Jangan sampai kita menyimpang dari fokus tersebut dengan memperkenalkan model kepemimpinan baru yang bisa mengalihkan perhatian dari tujuan utama kongres, dan menimbulkan berbagai perdebatan, permasalahan dan konflik baru yang berkepajangan karena tidak dipersiapkan dan di kaji dengan baik dan mendalam.

Dalam organisasi sebesar IKA ITS, kepemimpinan yang kuat, solid sangat penting untuk mencapai tujuan bersama dan memastikan kontribusi maksimal dari para alumni.

Semoga Kongres IKA ITS yang akan datang dapat berlangsung dengan lancar, transparan, dan fokus pada tujuan utama, salah satunya Pemilihan Ketua Umum yang sesuai dengan AD/ART. Semoga hasil kongres ini tidak hanya memperkuat IKA ITS secara internal, tetapi juga memperluas kontribusi nyata alumni ITS dalam pembangunan bangsa dan negara.

Dengan semangat kebersamaan dan komitmen yang kuat, saya yakin IKA ITS akan terus maju dan menjadi mitra strategis yang handal bagi pemerintah serta berbagai sektor lainnya. Mari kita bekerja bersama untuk mencapai visi dan misi organisasi, menjadikan IKA ITS sebagai wadah yang semakin relevan dan berdampak positif bagi seluruh anggotanya dan masyarakat luas.

VIVAT!!!! Hidup ITS, Hidup ITS, Hidup ITS!
(abd)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1836 seconds (0.1#10.140)