alexametrics

Indonesia Bakal Bawa Isu Perang Dagang Hingga Sampah Laut di KTT ASEAN

loading...
Indonesia Bakal Bawa Isu Perang Dagang Hingga Sampah Laut di KTT ASEAN
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Pemerintah Indonesia bakal membawa beberapa isu penting dalam KTT ke-34 di Bangkok. Foto/SINDOphoto
A+ A-
JAKARTA - Pemerintah Indonesia bakal membawa beberapa isu penting dalam Konfrensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-34 di Bangkok. Dalam hal ini mulai isu perang dagang hingga masalah sampah di laut. Rencananya KTT ASEAN akan digelar pada tanggal 20 sampai 23 Juni 2019 mendatang.

“Dalam KTT ASEAN, saya lihat ada beberapa isu yang perlu kita angkat. Pertama adalah kita harus mengajak negara-negara Asean bersatu dalam mengantispasi perang dagang antara Amerika Serikat dan China. Agar stabilitas ekonomi di ASEAN tetap terjaga,” ujar Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat membuka rapat terbatas (ratas) di Kantor Presiden, Rabu 19/06/2019).

Jokowi juga akan membawa isu sampah di laut-laut wilayah negara-negara ASEAN. “Dan kedua berkaitan dengan combating marine debris di Asean. Yang berkaitan dengan sampah laut ini juga perlu menjadi isu yang kita angkat,” tuturnya.



Isu terakhir adalah dorongan percepatan perdamaian Rakhine State di Myanmar. “Ketiga berkaitan dengan percepatan perdamian di Rakhine di Myanmar. Itu tiga hal yang penting kita angkat di KTT ASEAN,” jelasnya.

Presiden Jokowi mengungkapkan bahwa baik selain KTT ASEAN, Indonesia juga akan menghadiri KTT G-20. Menurutnya KTT tersebut harus dijadikan momentum sebaik-baiknya untuk merebut peluang-peluang yang ada.

“Terutama dalam rangka penguatan ekonomi negara kita dan kepentingan nasional kita,” tegasnya.
(kri)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak