Presiden Jokowi Berangkat ke Jepang Hadiri KTT G7

Jum'at, 19 Mei 2023 - 10:11 WIB
loading...
Presiden Jokowi Berangkat ke Jepang Hadiri KTT G7
Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama delegasi terbatas berangkat ke Hiroshima, Jepang untuk menghadiri KTT Group of Seven (G7) pada hari ini, Jumat (19/5/2023). Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama delegasi terbatas berangkat ke Hiroshima, Jepang untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Group of Seven (G7) pada hari ini, Jumat (19/5/2023).

"Pagi hari ini saya bersama Ibu Negara dan delegasi terbatas akan berangkat ke Hiroshima di Jepang dalam rangka menghadiri undangan Presiden G7 yaitu PM (Jepang) Kishida," ujar Jokowi di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (19/5/2023).





Jokowi mengatakan dalam pertemuan G7 nantinya akan dibahas mengenai perubahan iklim, pangan, energi, dan suara dari negara-negara South Global.

"Kita akan membawa suara dari Global South yang intinya negara-negara berkembang harus didengarkan, bukan hanya negara-negara maju dan negara-negara besar saja tapi negara-negara berkembang harus didengarkan di dalam forum itu. Keinginan kita kira-kira itu," tutur Jokowi.

Isu perdamaian, kata Jokowi, juga akan dirinya bahas dalam KTT G7 di Jepang nanti. Termasuk isu mengenai Myanmar.

"Akan dibahas karena tempatnya adalah Hiroshima karena itu adalah simbol perdamaian," kata Jokowi.



"Suara di ASEAN beberapa poin juga akan kita sampaikan di G7. Mungkin yang berkaitan Myanmar misalnya," tambahnya.

Raka dwi
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1252 seconds (0.1#10.140)